Unpad Uji Klinis Vaksin Covid-19 Anhui

    Roni Kurniawan - 03 Maret 2021 14:29 WIB
    Unpad Uji Klinis Vaksin Covid-19 Anhui
    ilustrasi Medcom.id



    Bandung: Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjajaran (Unpad) kembali melakukan uji klinis untuk vaksin covid-19. Setelah vaksin Sinovac rampung, kini FK Unpad melakukan uji klinis vaksin asal Tiongkok lainnya yakni Anhui.

    Proses uji klinis Vaksin Covid-19 Anhui dimulai hari ini, Rabu 3 Maret 2021. Uji klinis melibatkan sekitar dua ribu relawan untuk memastikan keberhasilan vaksin agar digunakan.






    "Jadi hari ini proses tes ketiga untuk relawan sekitar dua ribuan sudah dimulai sebuah vaksin anti covid yang datang dengan bran Anhui menggunakan metode yang sedikit berbeda tapi ke efektifan dan tujuannya sama," ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di FK Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Rabu, 3 Maret 2021.

    Baca: Indonesia Amankan 90 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Hingga Juni 2021

    Gubernur yang karib disapa Emil ini menuturkan, proses uji klinis tahap tiga vaksin dilakukan selama enam bulan terhitung hari ini. Namun penyuntikan vaksin tersebut dilakukan sebanyak tiga kali, berbeda dengan Sinovac hanya dua kali.

    "Harapannya seiring waktu masalah ketersediaan ini (vaksin covid-19) bisa dicukupi salah satunya oleh vaksin Anhui ini, tapi butuh waktu sekitat enam bulan dari hari ini," beber Emil.

    Emil berharap, proses uji klinis vaksin tersebut bisa berjalan dengan lancar sehingga bisa digunakan oleh masyarakat. Hal itu juga sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19 dan meningkatkan imunitas masyarakat.

    "Nanti diumumkan oleh BPOM, MUI dan sebagainya sehingga diakhir tahun kita berlimpah produksi, dari Anhui ini kelengkapi kekurangan vaksin yang tersedia," ungkap Emil.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id