Herman Deru Resmikan PLTS untuk Pengairan Sawah di Muara Enim

    Gonti Hadi Wibowo - 03 Maret 2021 08:18 WIB
    Herman Deru Resmikan PLTS untuk Pengairan Sawah di Muara Enim
    Gubernur Sumsel Herman Deru meresmikan PLTS Bukit Asam di Desa Tanjung Raja, Kabupaten, Muara Enim, Selasa, 2 Maret 2021. (Foto: Istimewa)



    Muara Enim: Program listrik masuk sawah yang merupakan inisiasi Gubernur Sumsel Herman Deru mendapat dukungan dari berbagai pihak. 

    Setelah sebelumnya program listrik masuk sawah dijalankan melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN), kali ini PT Bukit Asam turut berkontribusi dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk pengairan persawahan melalui pompanisasi dari sungai.






    "PT Bukit Asam telah memberikan angin segar kepada para petani dengan membangun PLTS untuk pengairan sawah. Ini merupakan dukungan PT Bukit Asam untuk kemajuan pertanian di Sumsel," kata Herman Deru, ketika meresmikan PLTS Bukit Asam di Desa Tanjung Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Selasa, 2 Maret 2021.

    Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Magelang Sasar 170 Ribu Lansia

    Menurutnya, petani yang berada di kawasan perbukitan tetap bisa melakukan tanam dan panen tanpa hambatan seperti kurangnya air yang mengaliri sawah.

    "Dengan PLTS ini sawah yang ada di daerah berbukit tetap bisa dialiri air yang diambil dari sungai dengan pompanisasi yang arus listriknya diambil dari PLTS. Ini tentunya juga dapat meningkatkan hasil pertanian," ungkapnya.

    Dia meyakini inovasi yang dilakukan Bukit Asam tersebut dapat menjadi contoh nasional. Sebab, hal itu merupakan prestasi baru dalam mendorong kemajuan sektor pertanian.

    "Melalui inovasi ini, mudah-mudahan Kabupaten Muara Enim tidak hanya dikenal sebagai daerah penghasil energi, namun juga turut menjadi daerah lumbung pangan. Saya yakin ini jadi contoh nasional," terangnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id