Pimpinan Travel Haji dan Umrah di Makassar Dipolisikan

    Muhammad Syawaluddin - 28 Januari 2021 22:42 WIB
    Pimpinan Travel Haji dan Umrah di Makassar Dipolisikan
    ilustrasi Medcom.id



    Makassar: Pimpinan Travel dan umrah Al Buruj, MA, 38, dilaporkan ke pihak kepolisian lantaran diduga melakukan penipuan dan penggelapan. MA kemudian ditetapkan tersangka usai dilakukan pemeriksaan oleh pihak kepolisian.

    Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Agus Khaerul, mengatakan penetapan tersangka dilakukan usai penyidik melakukan gelar perkara.






    "Terlapor membuat kerjasama dengan pelapor yang dituangkan dalam Kontrak Kerjasama Travel Haji Umroh, dengan perjanjian keuntungan 70 persen untuk pelapor sebagai pemilik modal dan 30 persen untuk terlapor," kata Agus di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 28 Januari 2021.

    Baca: Banyuwangi Target Vaksinasi Tahap Pertama Rampung Empat Hari

    Agus menjelaskan dengan kerjasama sebagai pemilik modal, pelapor dijanjikan akan diberikan uang sebesar Rp1,85 miliar sebagai keuntungan jika travel haji dan umrah tersebut berjalan. Namun berselang dua tahun, pimpinan travel haji dan umrah itu tak kunjung memberikan apa yang dijanjikan.

    "Kedua belah pihak akhirnya bertemu. Namun, MA masih belum bisa mengembalikan uang yang dijanjikan," jelasnya.

    Menurutnya pertemuan itu terjadi namun pimpinan travel dan umrah itu bukannya memberikan uang yang dia janjikan, namun kembali meminta uang dengan jaminan tiga cek diberikan kepada pelapor. Sehingga pelapor memberikan dana tambahan sebesar Rp1,5 miliar.

    "Namun pada saat jatuh tempo. Pelapor tidak dapat mencairkan cek tersebut karena saldo terlapor tidak cukup," ungkap Agus.

    Dengan pertimbangan tersebut, pihak pelapor kemudian membawa persoalan ini ke ranah hukum. Pimpinan travel haji dan umrah itu diancam dengan Pasal 378 dan atau 375 KUHPidana tentang Penipuan dan Penggelapan dengan hukuman paling lama enam tahun kurungan penjara.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id