PTPN Laporkan 29 Pengguna Lahan di Megamendung ke Polda Jabar

    P Aditya Prakasa - 28 Januari 2021 12:28 WIB
    PTPN Laporkan 29 Pengguna Lahan di Megamendung ke Polda Jabar
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)



    Bandung: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII mengadukan sebanyak 29 pihak ke Polda Jawa Barat, berkaitan dengan penguasaan lahan di kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor. Salah satu lahan berdiri Pondok Pesantren (Ponpes) Markaz Syariah.

    Laporan tersebut dibuat ke Polda Jawa Barat pada Rabu, 28 Januari 2021, dan diajukan oleh tim kuasa hukum PTPN VIII.






    "Terkait laporan di Polda Jabar ialah turunan dari laporan di Bareskrim. Yang 250 kan bertahap, sekarang masuk 29 laporan di Polda Jabar," ujar Kuasa Hukum PTPN VIII, Ikbar Firdaus Nurahman. Kamis, 29 Januari 2021.

    Ikbar mengatakan, PTPN berkomitmen untuk menata wilayah tersebut terkait isu masalah lingkungan. Selain Markaz Syariah, beberapa pihak juga telah dilaporkan karena pembangunan di wilayah tersebut.

    Baca juga: DIY Mulai Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

    "Jadi terkait masalah lingkungan, komitmen PTPN VIII tetap untuk menata wilayah tersebut. Intinya, terkait dampak lingkungan yang akan timbul atas banyaknya pembangunan di wilayah milik PTPN VIII," katana.

    Menurut Ikbar, pembangunan di atas lahan milik PTPN tersebut dilakukan tanpa izin. Bahkan, ada pihak yang juga membangun vila untuk kemudian dijual kembali.

    "Bangunan yang berdiri di atas lahan PTPN kebanyakan bangunan vila, kebun atau perkebunan milik warga yang digarap tanpa izin, terus ada yang membuka usaha juga. Secara inti kebanyakan dibikin vila. Termasuk Markaz Syariah," terang dia.

    PTPN juga telah melaporkan Muhammad Rizieq Shihab ke Bareskrim Polri. Rizieq dilaporkan terkait penggunaan lahan tanpa izin Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id