comscore

Pasar Hewan di Kulon Progo Disterilkan

Ahmad Mustaqim - 15 Mei 2022 22:10 WIB
Pasar Hewan di Kulon Progo Disterilkan
Pemkab Kulon Progo memperketat lalu lintas hewan ternak yang masuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak. (ANTARA/Sutarmi)
Kulon Progo: Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menindaklanjuti temuan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti hewan. Otoritas setempat melakukan sterilisasi pasar hewan setempat karena temuan kasus PMK berasal dari lalu lintas hewan dari luar daerah. 

"Sterilisasi Pasar Hewan Terpadu (PHT) di Kapanewon Pengasih, kami telah lakukan hari ini, termasuk menyemprotkan cairan disinfektan ke kendaraan pengangkut hewan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Aris Nugroho dihubungi, Minggu, 15 Mei 2022. 
Ia mengatakan sterilisasi dilakukan usai hewan diturunkan dari kendaraan. Di sisi lain, seluruh hewan yang ada di pasar diperiksa. 

"Hasil pemeriksaan terhadap sapi dan domba oleh dokter hewan tidak kami temukan kasus penyakit mulut dan kuku," ujarnya. 

Baca juga:  7 Pasar Hewan di Ciamis Ditutup Cegah PMK

Meski kasus PMK susah menjangkiti ternak di Kulon Progo, pihaknya mengingatkan masyarakat tidak panik. Ia menegaskan PMK hanya menjangkiti hewan dan tidak ke manusia.

"Kami tandaskan pertama peternak tidak panik. Kenapa? pertama penyakit ini tidak menular ke manusia, bukan zoonis sehingga bagi manusia aman," ucapnya. 

Di sisi lain, masyarakat pemilik hewan ternak agar secara intens memperhatikan kondisi peliharaannya. Sebab, penyakit hewan tersebut dapat menular cepat. 

"Penularannya bisa lewat benda-benda yang terkontaminasi hewan ini, termasuk (penularan) melalui udara," ujarnya..

Sementara itu Dinas Pertanian dan Pangan setempat menyiagakan 13 posko pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Salah satu posko berada di Pasar Hewan Terpadu Kecamatan Pengasih. 

"Kemudian posko lainnya di tingkat kecamatan ada di 12 Puskeswan," kata Aris.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id