comscore

Tol Cisumdawu Akan Jadi Solusi Kemacetan

MetroTV - 26 Januari 2022 13:21 WIB
Tol Cisumdawu Akan Jadi Solusi Kemacetan
Tol Cisandawu berperasi sebagian. Foto: Dok/Metro TV
Sumedang: Jalan Tol Cisumdawu seksi 1 resmi beroperasi mulai 25 Januari 2022. Seksi 1 Tol Cisumdawu menghubungkan kawasan Cileunyi hingga Pamulihan di wilayah Sumedang, Jawa Barat dengan panjang sejauh 11,45 kilometer.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjajal langsung ruas tol Cisumdawu seksi 1. Nantinya masyarakat dapat mengakses tol Cisumdawu seksi 1 secara gratis selama dua pekan.
Beroperasinya tol ini akan menjadi solusi kemacetan yang biasa terjadi di kawasan Jatinangor, Tanjungsari dan Pamulihan. Selain itu, kegiatan perekonomian maupun angkutan penumpang dan barang akan lebih cepat karena memangkas waktu tempuh dari Cileunyi menuju Pamulihan menjadi 15 menit dari sebelumnya 60 menit.

"Warga Jawa Barat silahkan manfaatkan untuk kelancaran ekonomi penumpang maupun barang. Mudah-mudah bulan Juni sudah bisa dibuka semua dan sudah bisa diakses semua, tidak ada hambatan juga," ujar Kang Emil sapaan Ridwan Kamil dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Rabu, 26 Januari 2022.

Ridwan Kamil juga mengatakan ruas tol Pamulihan memiliki pemandangan yang indah karena pengendara dapat melihat kawasan pegunungan. Pemerintah telah menetapkan tarif tol seksi 1 Cisumdawu sebesar Rp1 ribu per kilometer untuk kendaraan golongan satu, sehingga tarifnya sekitar Rp11 ribu.

Sementara itu, untuk keseluruhan ruas tol Cisumdawu yang memiliki panjang 62 kilometer ditargetkan akan beroperasi penuh pada Juni tahun ini. Nantinya tol ini akan terhubung ke Bandara Kertajati di Majalengka. (Alifiah Nurul Rahmania)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id