comscore

Gajah Betina Tengah Hamil Tua Ditemukan Mati di Bengkalis, Riau

Media Indonesia - 26 Mei 2022 15:44 WIB
Gajah Betina Tengah Hamil Tua Ditemukan Mati di Bengkalis, Riau
Ilsutrasi gajah mati di kawasan kebun milik warga di Kabupaten Pidie, Aceh. Antara/Joni Saputra
Bengkalis: Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) betina yang tengah hamil tua ditemukan mati di areal lahan konsesi hutan tanaman industri (HTI) PT Riau Abadi Lestari, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Pelaksana tugas Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Fifin Arfiana Jogasara mengatakan penemuan bangkai gajah betina itu bermula pada Rabu, 25 Mei sekitar pukul 12.12 WIB. Saat itu karyawan konsesi yang hendak pulang ke rumahnya di Desa Koto Pait Beringin menemukan seekor Gajah Sumatra dengan posisi tertidur di tengah Jalan KM 9.
Tim gabungan BBKSDA Riau dan Rimba Satwa Foundation (RSF) kemudian melakukan patroli penyisiran dan menurunkan tim medis ke tempat kejadian.

Baca: Bayi Gajah di Aceh Ditemukan Mati

"Penyebab kematian Gajah Sumatra belum dapat dipastikan. Akan tetapi dari mulut dan anusnya keluar darah. Diperkirakan gajah betina tersebut berumur sekitar 25 tahun. Saat dilakukan nekropsi diketahui bahwa gajah dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya," kata Fifin, Kamis, 26 Mei 2022.

Ia menjelaskan, tim medis mengambil sampel hati, dinding usus, paru, dan kotoran gajah tersebut untuk dilakukan uji laboratorium. Selanjutnya, dengan bantuan alat berat konsesi perusahaan, tim gabungan lalu menguburkan bangkai gajah di lokasi.

"Sampel bagian organ satwa akan segera dikirim ke Balai Verteriner, Bukit Tinggi, Sumatra Barat untuk mengetahui penyebab kematian Gajah Sumatra tersebut," ujarnya.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id