comscore

Di Pacitan, Ibas Ajak Warga Lestarikan Budaya dan Bangun Desa

Al Abrar - 06 Juli 2022 14:59 WIB
Di Pacitan, Ibas Ajak Warga Lestarikan Budaya dan Bangun Desa
Istimewa
Pacitan: Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengunjungi Desa Gondosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kunjugan untuk menyapa masyarakat secara langsung dan menyerap aspirasi dan sekaligus melestarikan budaya.

“Saya datang ke Pacitan, khususnya ke Gondosari untuk melihat katanya di Desa ini banyak sing ayu-ayu, ramah, dan berjiwa seni. Alhamdulillah masyarakat di Gondosari ini semakin ramah, semakin baik dalam menyambut tamu seperti kami yang berada dari Jakarta sebagai wakil rakyat," kata Ibas, melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 6 Juli 2022. 
Dalam kunjungannya itu, Ibas disambut Warga dengan meriah. Antusias itu mereka tunjukkan dengan mempersembahkan seni karawitan beserta gamelannya dan Tari Gambyong yang ditampilkan di lapangan balai desa. 

Ibas bahkan menyempatkan diri mencoba menabuh (memainkan) Slentem. Salah satu instrumen gamelan yang masuk dalam keluarga balungan seperti saron dan demung, menghasilkan nada rendah dan menggema. Ibas begitu menikmati iringan bersama pemain gamelan yang lain. Tak hanya memainkan gamelan, ia bahkan ikut menari Tayup bersama penari dan beberapa masyarakat. 

“Berbeda dengan dua tahun lalu, saat ini sudah lebih mudah bersilaturahmi dan mengunjungi satu sama lain. Itulah yang kami rasa kehilangan dan rindukan selama pandemi covid-19. Tidak bisa serta merta datang untuk berjabat tangan, bertemu apalagi berkumpul seperti ini,” ujar Ibas.

Di Pacitan, Ibas Ajak Warga Lestarikan Budaya dan Bangun Desa

Tidak hanya datang untuk menyerap aspirasi, Ibas juga membagikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat dan menilik program BSPS yaitu bedah rumah yang dikawalnya di salah satu rumah warga desa tersebut. 

“Saya datang ke sini juga untuk memastikan pembangunan infrastruktur Desa Gondosari dan sekitarnya berjalan dengan baik. Alhamdulillah. Program ini sudah ada sejak zaman Pak SBY dan kami lanjutkan hingga sekarang. Kami juga memastikan masyarakat dibantu dengan batas kemampuan negara secara prioritas. Mari kita bergotong royong, bangun desanya, bangun kecamatannya, bangun kabupatennya. Tidak cukup hanya bupati, tapi kita semua harus bekerja sama,” ujar Ibas.

“Seperti apa yang disajikan oleh tarian ini yang ayu, molek, teratur. Tarian ini bisa menjadi inspirasi kita, ketika tetamu datang kesini lagi nanti, kita akan ingat bahwa tarian di Gondosari merupakan tarian yang indah dan menawan. Sudah saatnya kita menunjukkan kemampuan generasi muda untuk lestarikan seni tari budaya ini. Seribu satu pesona budaya Kabupaten Pacitan, di kota yang penuh pesona,” lanjutnya.

Baca: Demokrat Sebut Banyak Kesamaan Visi Misi dengan PKS dan NasDem

Indah Wahyuni sebagai Kepala Desa Gondosari juga berterima kasih atas bantuan yang diberikan Ibas untuk masyarakat sekitar. Maka dengan bangga masyarakat Desa Gondosari juga mempersembahkan karawitan untuk menyambut kedatangannya.

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan dari Mas Ibas, juga kerja samanya selama ini desa kami bisa membangun. Tadi Karawitan juga sudah kita tampilkan. Kemarin di desa kami, ada anak-anak berbakat di bidang voli, yang ikut lomba voli pantai alhamdulillah juara 2. Selain itu ada anak lomba menembak mendapat juara 1 medali emas di Porpov Jatim,” ujar Kepala Desa Gondosari ketika menyambut Ibas.

“Harapan kami, dengan adanya berbagai sumber daya manusia ini kita bisa bekerja sama membangun desa ini menjadi lebih maju dan sejahtera,” lanjutnya.

Poniran selaku penerima Program bedah rumah dan sembako dari Ibas juga menyampaikan rasa syukurnya. Bantuan sangat dirasakan oleh keluarganya.

“Ini semua begitu berarti bagi saya, keluarga, tetangga, dan seluruh warga Gondosari. Semoga Mas Ibas dan keluarga juga senantiasa diberikan kesehatan, kesuksesan dan kebahagiaan,” ungkapnya.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id