comscore

Warga Gresik Resah Beredarnya Gula Pasir Oplosan Bercampur Tepung

Media Indonesia - 06 Juli 2022 17:00 WIB
Warga Gresik Resah Beredarnya Gula Pasir Oplosan Bercampur Tepung
Ilustrasi. Foto: dok MI/Fransisco Carolio Hutama Gani.
Gresik: Gula putih yang beredar di kawasan pesisir Kabupaten Gresik, Jawa Timur diduga dioplos dengan tepung terigu. Temuan ini beredar menjelang Hari Raya Iduladha tahun ini. Gula pasir hasil oplosan ini tidak bisa bertahan lama dan menimbulkan bau yang tidak sedap saat dicampur dengan makanan.

"Kita baru tahu seminggu ini. Gula seperti dicampur tepung," ungkap Yuni, warga Kecamatan Panceng, Gresik, Rabu, 6 Juli 2022.
Gula yang bercampur tepung itu, berwarna putih. Hal ini menyamarkan warna tepung saat bercampur dengan gula. Kandungan tepung baru diketahui setelah diproses untuk bahan masakan.

"Setelah kita masak bersama air warnanya berubah keruh agak keabu-abuan. Jadi sudah tidak jernih lagi," tambahnya.

Senada disampikan, Dewi, konsumen lainnya. Peredaran gula putih yang mengandung tepung terigu campuran bahan diketahui setelah gula di proses menjadi makanan setengah jadi.
 
Baca: Pemkab Sleman Sebut Kenaikan Harga Pangan Wajar

Dari proses itu, ada kerak di bagian bawah panci yang lengket persis tepung tapioka. " Dan kalau dibiarkan agak lama menjadi bau," keluhnya.

Ia menduga mahalnya harga bahan pangan membuat orang yang tidak bertanggungjawab mencampurkan bahan lain, semisal tepung. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan besar di saat harga pangan terus melambung tinggi menjelang Hari Raya Iduladha.

" Kita mesti berhati-hati saat beli bahan kebutuhan. Ini meresahkan, khawatir mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan. Kita harap masalah ini tangani aparat penegak hukum," ujarnya.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id