Pemkot Madiun Wajibkan ASN Tes Cepat Sepulang Liburan

    Antara - 28 Oktober 2020 00:35 WIB
    Pemkot Madiun Wajibkan ASN Tes Cepat Sepulang Liburan
    ilustrasi Medcom.id
    Madiun: Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) mengajukan izin jika keluar kota dan rapid test atau tes cepat saat pulang liburan akhir bulan.

    "ASN yang ke luar kota harus izin. Pulang harus tes cepat. Kalau tidak dilaksanakan, ya siap-siap dapat sanksi," kata Wali Kota Madiun, Maidi, di Madiun, Selasa, 27 Oktober 2020.

    Baca: 22,7 Juta Pemilih Belum Memiliki Fisik KTP-el

    Dia menjelaskan pengajuan izin dan keharusan melakukan tes cepat sepulang bepergian dari luar kota tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran covid-19. Bagi ASN yang hasilnya reaktif juga diharuskan melakukan isolasi mandiri.

    Pihaknya tidak melarang ASN untuk berlibur ke luar kota. Hanya harus berizin terlebih dahulu dan melaksanakan tes cepat. Kendati begitu Maidi mengimbau libur panjang lebih dioptimalkan di kota sendiri.

    "Covid-19 masih ada. Tetapi untuk Kota Madiun penularan COVD-19 cukup dapat ditekan. Penularan yang ada banyak dari mereka yang memiliki riwayat perjalanan luar kota. Jadi saya imbau tidak ke luar kota kalau tak mendesak," jelasnya.

    Terkait pengamanan libur panjang di Kota Madiun, Maidi menyebut Pemkot Madiun mendirikan lima pos pantau di titik perbatasan dan lokasi strategis. Pos pantau tersebut menjadi lokasi petugas gabungan untuk berjaga. Namun sebagian petugas berkeliling.

    Wali kota menegaskan warga yang masuk Kota Madiun wajib mematuhi protokol kesehatan. Pemeriksaan masker dilakukan secara berkala. Terutama di titik-titik keramaian. "Silakan masuk dan belanja di Kota Madiun. Tapi harus mematuhi protokol kesehatan. Saya ingin mereka masuk sehat, pulang juga sehat," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id