Posko Pengaduan THR Akan Tampung Keluhan Pekerja-Pengusaha

    Hendrik Simorangkir - 28 April 2021 12:49 WIB
    Posko Pengaduan THR Akan Tampung Keluhan Pekerja-Pengusaha
    Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang membuka posko pengaduan tunjangan hari raya (THR). (Foto: Medcom.id/Hendrik)



    Tangerang: Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, membuka posko pengaduan tunjangan hari raya (THR) di lantai 2, Gedung Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Jalan Perintis Kemerdekaan II Nomor 1, Cikokol, Kota Tangerang.

    "Posko pengaduan THR kami buka hingga 10 Mei 2021. Sejauh ini, kami pun telah menyosialisasikan hak-hak tenaga kerja, melalui surat edaran Kementerian Ketenagakerjaan ke 3.752 Perusahaan di Kota Tangerang," ujar Kepala Disnaker, Rakhmansyah, Rabu, 28 April 2021.






    Rakhmansyah menuturkan berdasarkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor M/6/HK.04/IV/2021 menyatakan THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya.

    "Sedangkan bagi perusahaan yang masih terdampak pandemi dan berakibat tidak mampu memberikan THR, dapat melakukan dialog dengan pekerja untuk mencapai kesepakatan kekeluargaan," terang dia.

    Baca juga: Pemudik Mulai Tiba di Kudus

    Rakhmansyah menambahkan bagi perusahaan yang mengalami keterlambatan pemberian THR, dapat dilakukan dengan menunjukan bukti ketidakmampuan membayar tepat waktu, berdasarkan laporan keuangan yang transparan dan melaporkan hasil kesepakatan tersebut ke pihak Disnaker.

    "Namun itu tidak menghilangkan kewajiban perusahaan membayar THR," ucapnya.

    Terkait prosedur pelayanan, dia menjelaskan setelah pihaknya menerima pengaduan, selanjutnya ditindaklanjuti dengan melakukan mediasi dan pemanggilan perusahaan bersangkutan. Selebihnya, peneguran dan penindakan masuk pada ranah pengawasan tingkat Provinsi Banten.

    "Bagi para tenaga pekerja di Kota Tangerang yang memiliki keluhan akan terkait THR. Bisa melakukan pengaduan atau diskusi ke Kantor Disnaker, ada 10 petugas Disnaker yang akan melayani, menampung, dan menindaklanjuti keluhan-keluhan," jelas Rakhmansyah.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id