Sekda Sumsel Jadi Plh Bupati Muara Enim

    Gonti Hadi Wibowo - 16 Februari 2021 09:20 WIB
    Sekda Sumsel Jadi Plh Bupati Muara Enim
    Gubernur Sumsel, Herman Deru. Dokumentasi/ Istimewa
    Palembang: Gubenur Sumatra Selatan, Herman Deru, menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Nasrun Umar, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim.

    Penunjukan ini dilakukan setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penahanan dan menetapkan Bupati Muara Enim, Juarsyah, sebagai tersangka kasus suap proyek jalan.

    "Saya telah melakukan rapat dengan jajaran di Pemkab Muara Enim. Keputusannya Sekda Sumsel Nasrun Umar jadi Plh Muara Enim yang mulai berlaku efektif hari ini sampai status (Juarsyah) nonaktif atau diberhentikan sementara," kata Herman Deru, Selasa, 16 Februari 2021.

    Baca: Angka Kemiskinan di Sulsel Naik

    Deru mengatakan penunjukan Plh ini merupakan sebagai perpanjangan tangan untuk menjalankan roda pemerintahan di Pemkab Muara Enim. Apalagi jabatan Sekda Muara Enim masih kosong lantaran Sekda sebelumnya meninggal dunia.

    "Wakil Bupati (Wabup) di Muara Enim tidak ada dan Sekda juga tidak ada. Kalau ada Wabup atau Sekda saya langsung tunjuk jadi Plh, tetapi ini tidak ada. Makanya saya langsung ambil alih," jelasnya.

    Deru menjelaskan nantinya tugas utama Plh Muara Enim hanya melakukan koordinasi pemerintahan serta tidak dapat mengambil keputusan atau tindakan yang bersifat strategis.

    Sementara Sekda Sumsel, Nasrun Umar, yang ditunjuk menjadi Plh Muara Enim mengaku penunjukan dirinya sebagai Plh Bupati Muara Enim hanya akan berlangsung hingga ada keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai pengisian jabatan Bupati.

    "Tugas saya hanya untuk menjalankan roda pemerintahan sembari menunggu penjabat terpilih yang melaksanakan tugas Bupati Muara Enim nanti," ujar Nasrun.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id