Ribuan Pemudik Mulai Masuk Sukoharjo

    Triawati Prihatsari - 03 Mei 2021 17:17 WIB
    Ribuan Pemudik Mulai Masuk Sukoharjo
    ilustrasi. Medcom.id



    Solo: Ribuan pemudik mulai masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Ribuan pemudik tersebut menyumbang angka kenaikan lalu lintas kendaraan keluar masuk di wilayah Sukoharjo sebanyak lima persen. 

    "Sudah ada kenaikan sekitar empat sampai lima persen dibandingkan dengan lalu lintas normal. Kenaikan sudah terlihat sejak 30 April 2021 lalu," urai Kaso Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Sukoharjo, Eko Agus Nur Prasetyo, di Sukoharjo, Senin, 3 Mei 2021.






    Pendataan jumlah kendaraan yang keluar masuk wilayah Sukoharjo dilakukan melalui Closed Circuit Television (CCTV) di dua lokasi yaitu di simpang 3 tugu Kartasura dan simpang 4 Bulakrejo, Sukoharjo Kota.

    Berdasarkan data Dishub Sukoharjo, jumlah kendaraan yang masuk wilayah Sukoharjo di titik penghitungan Kartasura jumlah kendaraan yang masuk dari arah Semarang ke Sukoharjo sejumlah 42.282 kendaraan, dengan peningkatan sebesar 2,98 persen dari lalu lintas hari sebelumnya.

    "Jumlah tersebut meningkat 4,37 persen dari lalu lintas normal. Dan lalu lintas terpadat terjadi pada pukul 16.15 - 17.15, waktu menjelang puasa," imbuhnya.

    Sementara itu, jumlah kendaraan yang masuk dari arah Solo ke Sukoharjo di titik hitung Bulakrejo sebanyak 42.055 kendaraan, dengan peningkatan sebesar 3,76 persen dari lalu lintas hari sebelumnya. Jumlah tersebut meningkat 5,85 persen dari lalu lintas normalnya.

    "Waktu teramainya tidak jauh berbeda. Dan dari dua titik tersebut, jenis kendaraan didominasi sepeda motor sebanyak 60 sampai 65 persen. Disusul kendaraan mobil pribadi 27 sampai 30 persen. Kemudian truk kecil dan truk as 2 yang mencapai 2 sampai 4 persen," bebernya.

    Di sisi lain, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Toni Sri Buntoro mengungkapkan, pihaknya terus melakukan pendataan kedatangan pemudik di wilayah Sukoharjo.

    "Data dihimpun dari kecamatan, per Sabtu, 1 Mei 2021 lalu, jumlah pemudik yang sudah tiba sebanyak 1.166 orang. Dengan rata-rata ratusan pemudik datang setiap harinya," urainya.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id