Basarnas Bali: Kondisi Terkendali, Kami Hentikan Proses Evakuasi Korban Gempa

    MetroTV - 16 Oktober 2021 12:37 WIB
    Basarnas Bali: Kondisi Terkendali, Kami Hentikan Proses Evakuasi Korban Gempa
    Kepala Basarnas Bali Gede Darmada. Foto: Dok/Screenshot Metro TV



    Bali: Proses evakuasi korban gempa di Bali sudah selesai dan dihentikan. Kepala Basarnas Bali Gede Darmada menjelaskan, kondisi di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Bangli sudah tertangani dengan baik.

    "Evakuasi sampai saat ini sudah selesai. Kita sudah pastikan di lapangan bersama dengan BPBD, TNI/Polri dan juga masyarakat bahwa tidak ada lagi yang perlu dievakuasi," jelas Darmada dalam program Breaking News di Metro TV, Sabtu, 16 Oktober 2021.

     



    Beberapa titik akses jalan yang sempat tertimbun longsor sudah bisa dilalui. Kemudian, jaringan komunikasi dan listrik telah diperbaiki dan dapat digunakan. Masyarakat, kata Darmada, saat ini membutuhkan tenda keluarga.

    "Listrik tadi komunikasi dengan tim yang di lapangan bisa, hanya yang dibutuhkan semacam tenda keluarga karena ada masyarakat yang atapnya jebol," ujar Darmada.

    Baca juga: Waspada Gempa Susulan, BMKG Minta Masyarakat Menjauh dari Lereng

    Darmada mengonfirmasi, hingga saat ini korban meninggal berjumlah tiga orang. Satu orang merupakan seorang anak perempuan berusia tiga tahun yang bertempat di Kabupaten Karangasem. Kemudian, dua orang korban meninggal lainnya adalah warga Kabupaten Bangli.

    "Seorang gadis berusia 3 tahun tertimpa batako bangunan saat tertidur dan langsung meninggal di tempat dan langsung dievakuasi oleh keluarganya," katanya.

    Sementara itu, korban di Bangli dikarenakan rumah yang bersangkutan berada di sisi kemiringan tebing yang labil. Ketika terjadi gempa, menimbulkan longsor yang akhirnya menimpa rumah.

    Sebanyak delapan orang berada di dalam rumah. Empat orang berhasil menyelamatkan diri dan empat lainnya harus dievakuasi ke Puskesmas terdekat. Darmada menyebut dari empat orang tersebut, dua orang meninggal di Puskesmas dan dua lainnya mengalami luka berat.

    Korban luka berat langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Bangli. Kondisi korban saat ini masih berada dibawah penanganan medis.

    Gempa bermagnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Karangasem, Bali, Sabtu, 16 Oktober 2021, dini hari. Episentrum gempa terletak di koordinat 8,32 Lintang Selatan, 115,45 Bujur Timur, 8 kilometer (km) barat laut Karangasem dengan kedalaman 10 km. (Widya Finola Ifani Putri)

     

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id