Vaksinasi Covid-19 Warga Binaan di Yogyakarta Selesai Oktober

    Ahmad Mustaqim - 02 Agustus 2021 20:05 WIB
    Vaksinasi Covid-19  Warga Binaan di Yogyakarta Selesai Oktober
    Ilustrasi Medcom.id



    Yogyakarta:  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) secara bertahap menggelar vaksinasi untuk warga binaan. Sekitar 30 persen warga binaan sudah selesai divaksin. 

    "Targetnya vaksinasi untuk warga binaan bisa selesai Oktober 2021," kata Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir di Yogyakarta, Senin, 2 Agustus 2021.

     



    Total warga binaan yang berada di bawah pengelolaan Kanwil Kemenkum HAM DIY sebanyak 1.745 orang. Mereka mengikuti vaksinasi unit pelaksana teknis (UPT) di masing-masing wilayah.

    "Ribuan warga binaan ini tersebar di empat Lapas, empat Rutan, satu lembaga pembinaan khusus anak di Gunungkidul. Harapannya bisa rampung tiga bulan ke depan," katanya.

    Baca: Ganjar Pertanyakan Validitas Data Stok Vaksin Menipis di Kota Semarang

    Vaksinasi digelar sejak kemunculan kasus ratusan warga binaan di Lapas Narkotika Sleman, Yogyakarta terpapar covid-19. Warga binaan dan petugas positif Civid-19.

    Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani, mengungkapkan, lebih dari 500 warga binaan sudah divaksin. Vaksinasi selanjutnya digelar di Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Lapas Kelas IIB Sleman, dan Lapas Kelas II A Wirogunan, Yogyakarta.

    "Vaksinasi di tiga Lapas itu menunggu warga binaan yang positif (Covid-19) selesai isolasi. Mereka baru bisa vaksin setelah tiga bulan," ujar Gusti.

    Gusti berharap proses vaksinasi bisa berjalan cepat sesuai jadwal. Ia ingin warga binaan sekaligus petugas terbentuk herd immunity setelah tervaksin.

    "Lapas jadi lokasi yang sangat rentan, satu terpapar bisa menyebar dengan cepat," katanya. 

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id