Hipertensi dan ISPA, Gangguan Kesehatan Dominan pada Sopir Bus

Farhan Dwitama - 13 Juni 2018 14:12 wib
Petugas memeriksa kondisi kesehatan sopir bus di Terminal Pondok
Petugas memeriksa kondisi kesehatan sopir bus di Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Rabu 13 Juni 2018, Medcom.id - Farhan Dwi

Tangerang: Sopir bus di Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Banten, mengeluhkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Keluhan itu muncul saat Dinas Kesehatan kota Tangsel, BNN, dan Dishub Tangsel memeriksa sopir bus di terminal tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, Suhara Manullang menerangkan, berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dan tes urin yang dilakukan bersama Badan Narkotika Nasional dan Dinas perhubungan kota Tangsel. 

Petugas menemukan delapan sopir bus hipertensi. Sementara beberapa pengemudi lain mengalami ISPA.

“Dari 27 awak bus yang kami periksa semuanya negatif narkotika. Penyakit yang dialami hipertensi ada 8 awak bus, kemudian ISPA dan beberapa awak bus yang usianya harus dievaluasi, nanti kami bicarakan dengan Dinas Perhubungan,” katanya, Rabu 13 Juni 2018. 

Namun begitu, Suhara memastikan, awak bus dengan penyakit yang dialaminya itu, masih memungkinkan untuk bekerja membawa penumpang. 

“Karena dengan obat yang kami berikan ini bisa teratasi dan bisa melanjutkan perjalanan. selain karena kondisi fisik mereka juga masih sangat mungkin dan tanda-tanda vital tak ada yang mengkhawatirkan,” bilangnya. 

Dari pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan kesehatan umum ini, pihaknya lanjut Suhara hanya memberikan rekomendasi kepada pihak terkait, apakah awak bus ini bisa melanjutkan perjalanan atau tidak. 

“Yang penting dari pemeriksaan ini, para awak bus bisa menyadari kondisi mereka. Sehingga kalau dia sudah merasa tidak kuat, ya jangan dipaksakan,” ucapnya.



(RRN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.