comscore

Kemenag Bandung Berangkatkan 1.116 Calon Jemaah Haji ke Makkah

Roni Kurniawan - 13 Mei 2022 12:08 WIB
Kemenag Bandung Berangkatkan 1.116 Calon Jemaah Haji ke Makkah
Ilustrasi. Pelaksanaan Haji di 2021 ini akan dibatasi seperti halnya di 2020. Foto Dok AFP
Bandung: Kementerian Agama Kota Bandung memberangkatkan 1.116 calon jemaah haji ke Makkah pada 2022. Jumlah tersebut di bawah kuota normal dibandingkan sebelum pandemi covid-19 yang mencapai 2.427 orang.

Menurut Kepala Kememag Kota Bandung, Tedi Ahmad, para calon jemaah haji yang diberangkatkan tahun ini jemaah yang seharusnya berangkat 2020. Namun, karena pandemi, para calon jemaah haji tersebut harus menunda ke Tanah Suci.
"Kuota haji tahun ini ada1.116, menurun karena tahun ini kuotanya terbatas, hanya 46,5 persen yang bisa berangkat, kalau jumlah kuota normal 2.427. Itu sudah ada list-nya, masuk daftar entry, yang diprioritaskan adalah pemberangkatan yang 2020," kata Tedi saat dihubungi awak media, Jumat, 13 Mei 2022.

Tedi menuturkan mayoritas calon jemaah haji kini telah menulansi biaya. Sehingga berbagai kesiapan keberangkatan telah berjalan lancar agar calon jemaah haji bisa menunaikan ibadah ke tanah suci dengan nyaman.

"Pelunasan sudah berlangsung sejak tanggal 9 Mei dan berakhir sekitar tanggal 20 sampai 23 Mei. Alhamdulillah kota Bandung sudah hampir melunasi semua," sahutnya.

Baca: Kendala Umrah, Mulai Penumpukan Jemaah hingga Biaya Tinggi

Sementara itu, Tedi memastikan usia jemaah calon haji tetap dibatasi maksimal 65 tahun sesuai dengan aturan dari Kementerian Agama. Hal itu sebagai upaya mengantisipasi resiko penyakit karena usia tersebut rentan terpapar covid-19.

"Nanti kalau kuota sudah normal itu bisa terakomodir kembali, karena dianggap diskresi, karena arab saudi sendiri tidak mau lenih berisiko terhadap penyakit yang saat ini masih dianggap ada walau melandai," ungkapnya.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id