comscore

Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh Dipadati Ribuan Wisatawan ke Sabang

Fajri Fatmawati - 08 Mei 2022 13:01 WIB
Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh Dipadati Ribuan Wisatawan ke Sabang
Suasana lonjakan penumpang di Pelabuhan Balohan Sabang. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati
Banda Aceh: Ribuan wisatawan dengan tujuan Pulau Weh Sabang masih memenuhi Pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh. Antrean kendaraan hampir mencapai satu kilo meter dari pintu masuk pelabuhan. 

Pantauan Medcom.id di pelabuhan, antrean kendaraan roda dua dan empat juga memenuhi area pelabuhan. Sedangkan ribuan pengunjung yang didominasi oleh warga dari luar Aceh yaitu Sumatra Utara (Sumut) sudah mengantre sejak subuh bahkan ada yang bermalam di pelabuhan Ulele Lheue untuk bisa menyeberang ke Sabang. 
Penumpukan kendaraan dan wisatawan sudah terjadi sejak hari pertama Idulfitri hingga Minggu, 8 Mei 2022.

"Kemungkinan akan terus bertambah dengan penumpang arus balik mudik lebaran, karena Senin sudah masuk sekolah dan kerja," kata Ismayadi, Minggu, 8 Mei 2022. 

Ismayadi menerangkan kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Sebab sebagian pelancong menitipkan kendaraan di area pelabuhan, terutama roda empat. 

Baca juga: Arus Balik, Tol Japek Diberlakukan Contra Flow dan One Way

"Mereka mengunakan Kapal Cepat Ekspress Bahari untuk ke Sabang. Sebagian kendaraan yang dibawa oleh pengunjung dititipkan di Pelabuhan, tidak ada pungutan biaya selama penitipan, karena belum ada aturan untuk itu. Tapi alhamdulillah sampai saat ini tidak ada aksi kejahatan seperti kendaraan hilang selama penitipan," ujarnya. 

Pihaknya menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas penyeberangan, jadwal kapal juga harus ditambah. Biasanya secara reguler kapal cepat dengan jumlah empat unit dan kapal lambat 2 unit,  hanya beroperasi dua trip setiap harinya. 

"Namun selama libur lebaran trip perjalanan kapal juga bertambah mrnjadi 7 kali," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh, Teuku Faisal, menyebutkan jumlah wisatawan menuju Sabang mencapai 12 ribu orang. Selain penumpang terdapat 2.202 kendaraan roda dua dan 883 kendaraan roda empat di Pelabuhan Ulee Lheue maupun Pelabuhan Balohan Sabang.

"Ada sebanyak dua belas ribuan wisatawan yang keluar masuk Sabang mulai 2 Mei hingga hari ini. Angka tersebut cukup fantastis melampaui jumlah yang diprediksi sebelumnya," ungkapnya.




(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id