comscore

Ndalem Priyosuhartan Dipakai untuk Lokasi Isoter Kota Solo

Antara - 10 Februari 2022 19:09 WIB
Ndalem Priyosuhartan Dipakai untuk Lokasi Isoter Kota Solo
Ilustrasi-Asrama Haji Donohudan. ANTARA/Aris Wasita
Solo: Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, menggunakan Ndalem Priyosuhartan di Kecamatan Laweyan untuk lokasi isolasi terpusat pasien covid-19 tanpa gejala.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta, Nico Agus Putranto, mengungkapkan, sejauh ini baru satu lokasi yang disiapkan oleh pemerintah daerah. Beberapa sarana dan prasarana yang tersedia di lokasi isolasi terpusat di antaranya tempat tidur, toilet, wifi, dan televisi.
"Sudah ada sebelas penderita covid-19 tanpa gejala yang masuk ke Ndalem Priyosuhartan. Ada orang dewasa sama anak-anak," ujar dia, Kamis, 10 Februari 2022.

Nico memastikan suplai makanan untuk pasien covid-19 di lokasi isolasi terpusat tersebut disediakan oleh Dinas Sosial Kota Surakarta. Penderita covid-19 dibawa ke isolasi terpusat untuk meminimalisasi penularan di masyarakat.

Baca juga: Kompolnas Sebut Keterlibatan Polisi di Wadas Sudah Benar

"Yang kategorinya tidak memenuhi syarat (isolasi mandiri) bisa masuk ke isolasi terpusat, daripada membahayakan yang lain," ungkapnya.

Ia melanjutkan, kelengkapan alat kesehatan sekaligus tenaga medis di lokasi isolasi terpusat juga sudah disediakan oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta. Terkait lokasi terpusat, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebelumnya menyebut masih akan terus menyediakan tempat untuk isolasi terpusat.

"Nanti kami siapkan beberapa tempat lagi, termasuk Graha Wisata," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mendorong agar isolasi terpusat dilakukan di Asrama Haji Donohudan.

"Karena di sana lebih efektif dan ada ruangan terbuka juga, jadi bisa digunakan untuk berjemur. Kalau di rumah-rumah itu kan hanya kecil, kapasitas juga terbatas," imbuh Teguh.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id