comscore

Jayapura Akan Pasang Pendeteksi Pergerakan Tanah

Antara - 10 Januari 2022 14:21 WIB
Jayapura Akan Pasang Pendeteksi Pergerakan Tanah
SMA Negeri 4 Entrop, salah satu lokasi terparah saat banjir melanda Kota Jayapura, Provinsi Papya, Jumat (7/1/2022) sedang dilakukan pembersihan. (FOTO ANTARA/Evarukdijati)
Jayapura: Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano menyebut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membantu pemasangan alarm pendeteksi pergerakan tanah di wilayahnya.

"Bantuan dari BNPB berupa alat pendeteksi yang berfungsi memancarkan sinyal atau alarm bila terdeteksi terjadinya pergerakan tanah," katanya, Senin, 10 Januari 2022.

 



Ia menjelaskan pemasangan alat tersebut diharapkan dapat membantu mendeteksi pergeseran tanah di sekitarnya sehingga warga ada kesempatan untuk menyelamatkan diri.

Menurut Benhur, ada tiga lokasi yang akan dipasang alarm pendeteksi yakni sekitar Bhayangkara, Angkasa, dan Klofkamp atau Paldam.

Baca juga: 57 Rumah dan 4 Fasum Rusak Akibat Gempa Halmahera Utara

Selain bantuan tersebut, pihaknya akan memperbanyak penyebaran pengumuman di daerah-daerah yang rawan bencana mengingat dari laporan BMKG curah hujan akan meningkat pada Februari mendatang.

"Warga yang bermukim di lereng gunung dan pinggir kali diminta waspada, bila memungkinkan untuk sementara mengungsi ke daerah yang lebih aman terutama di malam hari," jelas dia.

Benhur menambahkan banyaknya warga membangun rumah di lereng gunung karena berbagai faktor di antaranya makin terbatas dan mahalnya lahan atau tanah untuk membangun.

Sementara itu penduduk Kota Jayapura makin banyak sehingga mereka memilih mendirikan bangunan di lereng gunung yang berbahaya saat turun hujan dengan intensitas tinggi.

"Saat longsor melanda beberapa kawasan di Kota Jayapura pada Jumat, 7 Januari 2022, dilaporkan tujuh orang meninggal dan lima orang luka akibat tertimbun longsoran," imbuh Benhur.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id