comscore

Pemkot Solo Dapat Pinjaman Vaksin untuk Booster

Triawati Prihatsari - 17 Januari 2022 16:56 WIB
Pemkot Solo Dapat Pinjaman Vaksin untuk Booster
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Medcom.id/Triawati Prihatsari.
Solo: Pemkot Solo mendapatkan pinjaman 2.000 dosis vaksin AstraZeneca untuk vaksinasi booster. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengakui Pemkot Solo kekurangan vaksin untuk program vaksinasi booster karena menggunakan jenis vaksin AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna.

"Booster jalan terus kita, kita dapat pinjaman dari daerah lain kemarin. Dan nanti kalau kita kelebihan yang kita bisa memberi. Stok vaksinnya memang terbatas, kalau sinovac banyak untuk vaksin anak 6-11 tahun," kata Gibran di Solo, Senin, 17 Januari 2022.
Baca: 9 Ruang Kelas SMPN 2 Kosambi Tangerang Terbengkalai

Menurut Gibran upaya pinjam meminjam vaksin tersebut merupakan instruksi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dalam hal ini, setiap daerah dengan stok vaksin memasuki masa kedaluwarsa diinstruksikan untuk meminjamkan pada daerah lain yang membutuhkan.

Sementara daftar stok vaksin yang dimiliki masing-masing daerah selalu diumumkan dalam setiap rakor kepala daerah.

"Sudah biasa itu (meminjam vaksin), Pak Gubernur menginstruksikan seperti itu, kalau ada daerah yang vaksinnya mau expired diwajibkan meminjamkkan daripada kadaluarsa. pasti ada list vaksin setiap kali rakor. Pokoknya untuk vakasinasi booster kita jalan terus ya, kalau ada vaksinnya pasti bisa ngebut," jelas Gibran.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK), Siti Wahyuningsih, mengakui sampai saat ini stok vaksin booster untuk masyarakat masih terbatas. Bahkan vaksinasi booster tahap pertama akhir pekan lalu, Pemkot Solo hanya memiliki 200 dosis vaksin jenis AstraZeneca.

"Vaksin tahap pertama habis untuk dua hari. Kemudian malamnya (Sabtu lalu) kita mendaopatkan pinjaman 2000 dosis AstraZeneca dari daerah lain, jadi langsung saya mainkan. Dengan daerah lain kita kompak saling pinjam," ungkap Siti.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id