3 Tersangka Penggelapan Bansos di Keerom Papua Segera Diadili

    Roylinus Ratumakin - 29 Juli 2020 13:52 WIB
    3 Tersangka Penggelapan Bansos di Keerom Papua Segera Diadili
    Kabid Humas Polda Papua, Ahmad Mustofa Kamal. (Foto: Medcom.id/Roylinus)
    Jayapura: Polda Papua telah melimpahkan berkas perkara kasus dugaan penggelapan bantuan sosial (bansos) berupa beras di Kabupaten Keerom, ke Kejaksaan. Pelimpahan berkas telah dilakukan sejak 22 Juli 2020.

    “Berkasnya sudah tahap satu, jadi kita menunggu apakah ada petunjuk dari Kejaksaan," kata Kabid Humas Polda Papua, Ahmad Mustofa Kamal, Rabu, 28 Juli 2020.

    Dalam kasus tersebut, kata Kamal, polisi menetapkan tiga orang tersangka dan saat ini ditahan di Mapolres Keerom. Ketiganya yakni Yesaya Bonai, 40; Sale Denny Bonay, 25; dan Maykel Sroyer, 51.

    “Mereka ini adalah supir truk yang diduga melakukan penggelapan beras bantuan covid-19 untuk masyakat di Kabupaten Keerom yang terdampak,” ujarnya.

    Subdit Tipikor Direktorat Reskrimsus Polda Papua pada awalnya mendapat laporan terkait indikasi penggelapan beras bulog untuk bansos covid-19 di Kabupaten Keerom.

    Baca juga: Tol Sidoarjo-Gresik Diperkirakan Beroperasi Akhir Oktober 2020

    Timsus Polres Keerom kemudian langsung melakukan penyelidikan dan mendapati sejumlah beras memiliki berat kurang dari kapasitas karung.

    “Setelah menerima laporan itu, tim langsung turun melakukan pemeriksaan terhadap tiga truk pengangkut beras bansos, dengan bukti beberapa karung beras yang isinya tidak sesuai,” kata dia.

    Dari hasil pemeriksaan awal, ketiga pelaku menjual beras dengan cara mengurangi isi dari setiap karung. Mereka mendapatkan uang sebesar Rp 1.600.000 dari penjualan berat itu di salah satu warung di Kampung Koya Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

    Ketiga tersangka kemudian dijerat Pasal 78 juncto Pasal 65 UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.



    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id