Warga Pantai Barat Aceh Diimbau Hindari Pantai

    Antara - 01 Agustus 2020 04:54 WIB
    Warga Pantai Barat Aceh Diimbau Hindari Pantai
    Ilustrasi ombak tinggi. Antara/Reza Fitriyanto
    Meulaboh: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meulaboh-Nagan Raya memperkirakan gelombang tinggi hingga enam meter terjadi di pesisir barat selatan Aceh. Masyarakat dan nelayan di wilayah diiambau tidak beraktivitas di pinggir pantai hingga akhir pekan ini.

    “Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di pinggir pantai karena gelombang tinggi membahayakan keselamatan,” kata prakirawan Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Yoga Alma’ruf, Jumat, 31 Juli 2020.

    Gelombang laut di wilayah pantai barat selatan Aceh disebabkan beberapa faktor. Di antaranya pusat tekanan rendah di Teluk Benggala dan Samudera Hindia. Hal ini diduga menyebabkan kondisi massa udara di wilayah tersebut berkumpul dan kecepatan angin di wilayah tersebut tinggi.

    Gelombang tinggi juga disebabkan pola angin bagian utara Indonesia memiliki kecepatan 4-20 knot. Sementara pola angin bagian selatan Indonesia berkecepatan 8-25 knot.

    “Yang perlu diwaspadai di akhir pekan ini (Juli) karena potensi gelombang tinggi termasuk paling ekstrem diperkirakan mencapai 5-6 meter,” kata Yoga.


    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id