Wisata Bromo-Semeru Siapkan Protokol Kesehatan New Normal

    Daviq Umar Al Faruq - 25 Juni 2020 13:05 WIB
    Wisata Bromo-Semeru Siapkan Protokol Kesehatan New Normal
    Ilustrasi Gunung Bromo. Medcom.id/Daviq Umar
    Malang: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali membuka 29 taman nasional untuk menyambut new normal. Salah satunya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Timur.

    Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat, mengatakan taman nasional bakal dilakukan reaktivasi secara bertahap untuk kunjungan wisata alam selama masa transisi new normal sesuai arahan pemerintah pusat.

    "Terkait itu yang kami lakukan adalah, kami sudah menyiapkan SOP wisata new normal yang akan kami diskusikan, bahas dan sosialisasikan dengan para pihak terkait," kata Sarif kepada Medcom.id, Kamis, 25 Juni 2020.

    Baca: 29 Taman Nasional Dibuka Juli 2020

    Sarif menjelaskan SOP wisata new normal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Dirjen KSDAE nomor SE.9/KSDAE/PJLHK/KSA.3/6/2020 tentang Arahan Pelaksanaan Bertahap di Kawasan Taman Nasional, Taman Wisata Alam, dan Suaka Margasatwa untuk kunjungan wisata alam pada masa new normal covid-19.

    Sarif menambahkan pihak Balai Besar TNBTS juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait persiapan ini. Pasalnya rekomendasi pembukaan wisata konservasi adalah untuk kawasan atau daerah dengan status zona hijau atau kuning.

    "Sedangkan Gugus Tugas Covid-19 kewenangan atau ranah pemerintah daerah," jelasnya.

    Saat ini Balai Besar TNBTS juga tengah menyiapkan sarana pendukung seoptimal mungkin. Khususnya untuk menerapkan protokol kesehatan agar bisa meminimalisir risiko penyebaran covid-19 selama New Normal.

    "Jadwal pembukaan pastinya nanti akan kita beritahu. Sementara yang akan kami kawal dan pastikan tahapan-tahapan, dukungan, rekomendasi berjalan efektif sehingga reaktivasi wisata alam di TNBTS aman nyaman dan tidak menimbulkan cluster baru covid-19," ungkapnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id