Sepekan Daerah, Stiker Bupati Klaten hingga Akal-akalan Pemudik

    Lukman Diah Sari - 03 Mei 2020 08:11 WIB
    Sepekan Daerah, Stiker Bupati Klaten hingga Akal-akalan Pemudik
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Sejumlah wilayah di Indonesia telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sepekan ke belakang. Perpanjangan waktu PSBB pun dilakukan, lantaran dianggap kurang efektif khususnya di daerah peyangga Ibu Kota.

    Tak hanya PSBB, dalam sepekan temuan klaster baru penularan virus korona (covid-19). Larangan mudik telah diterapkan, namun ada saja tipu daya pemudik untuk menerobos. 

    Sementara saat Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei, buruh di sejumlah daerah sepakat tidak menggelar aksi lantaran pandemi korona. Sedangkan Bupati Klaten Sri Mulyani menarik perhatian warganet, karena stiker dirinya di handsanitizer bantuan Kementerian Sosial.

    Berikut sejumlah berita daerah sepekan: 

    1. PSBB di Tangerang Raya dan Bodebek Diperpanjang

    Pemerintah Provinsi Banten memperpanjang PSBB di Tangerang Raya hingga 14 hari ke depan, mulai 2 Mei hingga 17 Mei 2020. Wilayah meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Baca selengkapnya di sini.

    Sementara itu, daerah penyangga DKI Jakarta lainnya lingkup Bogor Depok Bekasi (Bodebek) turut memperpanjang penerapan PSBB. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap perpanjangan PSBB selama dua pekan dimulai Rabu, 29 April 2020 hingga 12 Mei 2020. Baca selengkapnya di sini.

    2. Surabaya Raya Terapkan PSBB

    Wilayah Surabaya Raya, meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mulai menerapkan PSBB pada 28 April hingga 11 Mei 2020. Pemprov Jatim telah menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk Surabaya Raya selama penerapan PSBB. Selengkapnya di sini. 

    3. Akal-akalan Pemudik

    Presiden Joko Widodo telah menegaskan mudik dilarang, sejak 21 April 2020, untuk mencegah penyebaran virus korona. Namun, Polri masih menemukan tipu daya pemudik untuk menerobos perbatasan yang telah disekat. Baca Selengkapnya di sini.

    Walhasil, banyak kendaraan yang diketahui hendak mudik diminta putar balik. Seperti di Jateng, sebanyak 655 kendaraan ditolak masuk. Kemudian di Daerah Istimewa Yogyakarta, sejumlah jalur tikus diantisipasi. Baca selengkapnya di sini.

    4. Stiker Bupati Klaten di Bantuan Kementerian Sosial

    Bupati Klaten Sri Mulyani diduga memanfaatkan momentum bantuan warga terdampak korona, untuk berkampanye. Tagar #bupatiklatenmemalukan meramaikan jagat media sosial. Baca selengkapnya di sini

    Sri beralasan ada kesalahan teknis terkait foto dirinya dalam stiker yang ditempel di hand sanitizer bantuan Kemensos. Dia membantah sengaja menempel stiker foto dirinya, baca selengkapnya di sini. 

    5. Karyawan Pabrik Rokok Sampoerna Positif Korona

    Sebanyak 34 karyawan PT HM Sampoerna di Rungkut, Surabaya, Jatim, dinyatakan positif korona. Kini produksi pun dihentikan sementara, sejak 27 April 2020. Baca selengkapnya di sini.

    6. May Day di Tengah Pandemi Korona

    Aksi yang biasa digelar saat Hari Buruh Internasional pada 1 Mei, urung dilakukan di tengah mewabahnya virus korona. Aksi yang biasa digelar di jalan, beralih dilakukan melalui media sosial dan aksi bakti sosial. Baca selengkapnya di sini

    Sementara peringatan May Day di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, berlangsung ricuh. Sejumlah karyawan membakar fasilitas perusahaan saat aksi, baca selengkapnya di sini.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id