YIA Jadi Contoh Pembangunan Bandara Ibu Kota Baru

    Ahmad Mustaqim - 01 Februari 2020 10:34 WIB
    YIA Jadi Contoh Pembangunan Bandara Ibu Kota Baru
    Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, Jumat, 1 Februari 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Kulon Progo: Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyebut Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo bisa jadi percontohan pembangunan bandara di ibu kota baru. YIA yang tahap pengerjaannya memasuki 92 persen dijadwalkan diresmikan pada 29 Maret 2020.

    "Pak Presiden (Joko Widodo) puas dengan kecepatannya, kerapiannya, dan artistiknya. Bahkan ini akan jadi suatu model kalau kita membangun bandara, contohnya di ibu kota (baru) negara ini," kata Budi di YIA, Yogyakarta, Jumat, 31 Januari 2020.

    Presiden Joko Widodo kerap memantau proses dan progres pembangunan YIA. Berada di terminal penumpang lantai tiga, presiden melihat berbagai sudut bangunan yang telah dilengkapi ornamen.
     
    Presiden disebut puas setelah memantau dan memperoleh penjelasan dari kontraktor, PT Pembangunan Perumahan serta PT Angkasa Pura. "Ini jadi satu kebanggaan. Ini yang mengerjakan semua orang Indonesia. Desainnya yang bangun, semua Indonesia. Hasil karyanya sangat diapresiasi presiden," ungkap Budi.

    Bandara dengan total luas lahan 219 ribu meter persegi itu bakal beroperasi 24 jam setelah seluruh penerbangan dilimpahkan dari Bandara Adisutjipto. Diperkirakan akan ada lebih dari 100 penerbangan di YIA termasuk internasional. 

    Menurut Budi, keberadaan YIA bakal jadi alternatif wisatawan mancanegara ke Indonesia. "Yang tidak dapat slot di Bali, ke Jogja. Kalau ada slot dari Jepang, Korea, Tiongkok, Timur Tengah, Eropa, kita promosi untuk mendatangkan," ucap Budi.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id