Sungai Masamba Diharap Segera Revitalisasi

    Media Indonesia.com - 05 Agustus 2020 10:00 WIB
    Sungai Masamba Diharap Segera Revitalisasi
    Dampak banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. (Foto: ANTARA/Abriawan Abhe)
    Makassar: Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, mengatakan revitalisasi sungai di Masamba, Luwu Utara, Sulsel, harus segera dilakukan sebagai upaya mengatasi banjir. Nurdin mengatakan, akibat banjir bulan lalu sungai mengalami sedimentasi.

    "Akibatnya aliran sungai menjadi tidak normal, karena itu harus dilakukan revitalisasi sungai secepatnya," kata Nurdin di Makassar, Sulsel, melansir Mediaindonesia.com, Rabu, 5 Agustus 2020.

    Dia melanjutkan, Pemprov Sulsel telah menganggarkan Rp10 miliar untuk penanganan bencana di Luwu Utara. Anggaran itu untuk pembangunan hunian sementara. 

    Baca: Luwu Utara Banjir Lagi

    Sementara itu, untuk dana tanggap darurat dialokasikan sebesar Rp5 miliar dari APBD Sulsel. Pun ada bantuan dari Kementerian Sosial, Kementerian PUPR, serta pihak terkait lainnya.

    Namun, banjir kembali melanda Kecamatan Masamba, Luwu Utara, Selasa, 4 Agustus 2020. Hujan deras beberapa hari terakhir membuat tanggul sungai jebol.

    Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengatakan kenaikan air sungai di Masamba lantaran pendangkalan imbas banjir bandang pada Senin, 13 Juli 2020. Meskipun saat ini tim dari balai dan beberapa pihak terus melakukan pembersihan.

    Namun, proses pembersihan terkendala cuaca buruk di Kabupaten Luwu Utara. Beberapa hari terakhir hujan terus mengguyur wilayah setempat padahal proses pembersihan belum rampung.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id