Omzet Pedagang Meningkat saat Malioboro Bebas Kendaraan

    Patricia Vicka - 07 Februari 2020 14:22 WIB
    Omzet Pedagang Meningkat saat Malioboro Bebas Kendaraan
    Salah seorang pedagang pulsa keliling, Tian, di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Jumat, 7 Februari 2020. Medcom.id/ Patricia Vicka
    Yogyakarta: Ujicoba Malioboro bebas kendaraan kembali digelar pada Jumat, 7 Februari 2020. Pedagang asongan yang biasa berjualan di kawasan Malioboro panen rejeki. Salah seorang pedagang pulsa keliling, Tian, mengatakan penjualannya naik sekitar 30 persen pada setiap ujicoba berlangsung.

    "Banyak wisatawan atau penjaga toko yang males jalan cari pulsa. Jadi pada beli disaya. Naik sekitar 20 hingga 30 persen," kata Tian pada Medcom.id di Yogyakarta, Jumat 7 Februari 2020.

    Tian biasa berjualan sejak pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB. Ia menjajakan pulsa dengan cara menawarkan langsung pada wisatawan atau pedagang dan penjaga toko.

    Pada hari biasa, omzet yang ia dapatkan sekitar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. Saat akhir pekan, hasil penjualan meningkat menjadi Rp2,5 juta hingga Rp3 juta.

    "Kalau moment Malioboro bebas kendaraan ini omzet saya paling sedikit Rp 2juta. Kalau saat Lebaran atau tahun baru yang pas jalan ditutup bisa sampai Rp5juta," jelas Pria yang tinggal di Godean ini.

    Kenaikan omzet juga dirasakan oleh Tukino, pedagang asongan keliling. Air mineral, tisue dan permen adalah barang-barang yang paling banyak dibeli pengunjung. Saat kendaraan dilarang melintas, Tukino bisa meraup omzet Rp3 juta perhari. Namun dihari biasa ia hanya puas mendapat Rp1 hingga Rp2 juta sehari.

    "Mungkin karena mereka cape jalan. jadi lebih banyak minumnya. Sering-sering aja adakan kayak ini," kata Tukino.

    Ujicoba Malioboro semipedestrian dimulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Berbeda dengan kegiatan Selasa Wage, pada uji coba kali ini para pedagang kaki lima (PKL)  masih bisa berjualan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id