KAI Purwokerto: Hampir 1.000 Calon Penumpang Batalkan Tiket

    Antara - 22 Maret 2020 12:15 WIB
    KAI Purwokerto: Hampir 1.000 Calon Penumpang Batalkan Tiket
    Calon penumpang kereta api bersiap melakukan boarding di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Sumarwoto)
    Purwokerto: Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah, Supriyanto, mengungkapkan, pembatalan tiket oleh calon penumpang di sejumlah stasiun di wilayahnya hampir mencapai 1.000 kursi.

    "Jumlah tersebut terhitung sejak 17 Maret 2020 dan paling banyak di Stasiun Kutoarjo yang mencapai 400-an tiket," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, melansir Antara, Minggu, 22 Maret 2020.

    Ia memperkirakan jumlah calon penumpang yang membatalkan tiket masih akan bertambah seiring perpanjangan status darurat bencana wabah korona oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga 29 Mei 2020.

    Ia mengatakan KAI menerapkan kebijakan pengembalian penuh pembatalan tiket kereta api untuk perjalanan 23 Maret hingga 29 Mei 2020.

    Baca juga: KAI Cirebon Batalkan 8 Perjalanan Kereta

    "Kebijakan pengembalian penuh ini kami terapkan juga untuk mendukung arahan pemerintah kepada masyarakat yang diminta membatasi kegiatan di luar rumah," katanya.

    Menurut dia, pembatalan tiket tersebut dapat dilakukan melalu aplikasi KAI Access atau secara langsung di loket layanan pembatalan yang ada di stasiun mulai 23 Maret 2020.

    Ia mengatakan pembatalan tiket mulai 23 Maret untuk keberangkatan 23 Maret hingga 29 Mei 2020, akan dikembalikan 100 persen.

    "Sebelum kebijakan ini berlaku, penumpang yang membatalkan tiket akan dikenakan pemotongan sebesar 25 persen. Uang pembatalan akan dikembalikan dalam waktu 30-45 hari secara transfer atau tunai sesuai dengan kehendak penumpang," katanya

    Baca juga: KAI Permudah Layanan Penumpang di Tengah Pandemi Korona

    Supriyanto mengatakan bagi penumpang rombongan yang sudah menyerahkan uang muka, dapat mengajukan pengembalian uang muka.

    Sementara untuk rombongan yang belum mencetak tiket, kata dia, diberikan satu kali kesempatan untuk dapat mengajukan perubahan jadwal selama tempat duduk dan kereta penggantinya masih tersedia.

    "Pelayanan untuk penumpang rombongan dilakukan di kantor KAI di mana proses transaksi sebelumnya," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id