Cegah Banjir, KLHK Segera Hijaukan Lebak dan Bogor

    Media Indonesia - 11 Januari 2020 19:04 WIB
    Cegah Banjir, KLHK Segera Hijaukan Lebak dan Bogor
    Menteri LHK Siti Nurbaya (kanan) saat berkunjung ke Kebun Bibit Desa di Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor. Foto: Kementerian LHK
    Jakarta: Guna mencegah longsor dan banjir kembali terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, dan Bogor, Jawa Barat, pemerintah akan melakukan penghijauan dan konservasi secara bersamaan. Konservasi meliputi pemeliharaan tanah dan air.

    "Kedua langkah itu akan segera dilaksanakan setelah akses ke Sukajaya, Bogor, dan tempat-tempat yang terisolasi di Lebak, Banten, selesai ditangani Kementerian Pekerjaan Umum," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Sabtu, 11 Januari 2020.

    Siti melihat langsung kondisi Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, usai dilanda bencana longsor pada Jumat, 10 Januari. Ia juga sudah berkoordinasi dengan Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Pada pertemuan itu, mereka bersepakat untuk menangani secara holistik persoalan bencana ini.

    "Menindaklanjuti arahan presiden, dalam rangka penanganan holistik bencana di Lebak dan Bogor, kami akan mengonservasi kawasan hutan dan wilayah hulu," kata Siti.

    Sebagai langkah awal, pemerintah akan menanam vetiver akar wangi di lahan seluas 2.500 hektare di Lebak dan Bogor. Bibit vetiver ini antara lain tengah disiapkan di Kebun Bibit Desa di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kebun bibit ini merupakan bantuan dari Direktur Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL), Kementerian LHK.

    Siti mengatakan kebun bibit permanen juga sudah ada di Cimanggis, Depok, dengan kapasitas produksi 1 juta bibit. Menurutnya, telah disiapkan juga kebun-kebun bibit di sekitar lokasi yang harus dihijaukan. Direncanakan sekitar 100 unit kebun bibit akan dibangun di Lebak dan Bogor.

    "Saya minta Dirjen menyiapkan kebun bibit agar tanamannya bisa dipakai dalam dua bulan ini untuk penghijauan. Jika lokasinya bagus, bisa juga dikembangkan menjadi lokasi yang menarik dikunjungi," katanya.





    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id