Tanggap Darurat Bencana Jabar Berakhir

    Roni Kurniawan - 09 Januari 2020 18:10 WIB
    Tanggap Darurat Bencana Jabar Berakhir
    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni K)
    Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), memastikan status tanggap darurat berakhir pascabanjir bandang serta longsor di lima wilayah yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Karawang, dan Bandung Barat. Meski begitu Emil menginstruksikan seluruh wilayah di Jabar tetap siaga bencana.

    Hal itu diungkapkan Emil usai bertemu Presiden Jokowi serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, dan Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin di Istana Merdeka, Rabu, 8 Januari 2020 kemarin.

    "Jawa Barat saya kira sudah. sekarang memastikan semua bantuan kebutuhan lancar," kata Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis 9 Januari 2020.

    Bahkan Emil memastikan seluruh wilayah yang terdampak bencana di Jabar telah berhasil ditangani dan disalurkan bantuan melalui kepada daerah masing-masing.

    "Isu terakhir kalau di Jawa Barat hanya diujung Bogor yang memang sudah terbuka oleh akses udara. Yang longsor-longsor 80 persen laporan dari Menteri PUPR sudah terbuka (akses jalan)," tutur mantan Wali Kota Bandung ini.

    Sementara itu, lanjut Emil, akan ada pertemuan lanjutan dengan kepala daerah untuk menindaklanjuti arahan dari Presiden Jokowi. Salah satunya yakni sistem pengelolaan air yang dinilai saat ini masih kurang maksimal.

    "Karena sistem air kita kemarin tidak di desain untuk sampai mendekati 400 milimeter. Jadi faktor ini secara resmi adalah cuaca ekstrem yang biasanya 100 milimeter itu paling tinggi, kemarin itu versi Pak Anies tertinggi dalam 154 tahun, jadi sangat sangat tinggi," pungkas Emil. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id