Penyandang Disabilitas Meriahkan HUT ke-74 RI di Bekasi

    Antonio - 17 Agustus 2019 19:43 WIB
    Penyandang Disabilitas Meriahkan HUT ke-74 RI di Bekasi
    Pasien ODGJ mengikuti lomba HUT ke 74 Republik Indonesia di Yayasan Jamrud Biru. Foto: Medcom.id/Antonio.
    Bekasi: Puluhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Yayasan Jamrud Biru melaksanakan upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Mustikasari, Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Mereka upacara bersama dengan warga yang tinggal di lokasi tersebut dengan didampingi petuagas.

    Pendiri Yayasan Jamrud Biru, Suhartono mengatakan para pasien sengaja mengikuti upacara sebagai salah satu upaya terapi bagi mereka.

    “Ini terapi daya ingat ya, untuk mereka mengingat. Karena mereka bukan anak cacat tapi penyandang cacat mental jadi pernah merasakan atau pernah normal, ini untuk mengembalikan memori,” kata Suhartono di Bekasi, Sabtu, 17 Agustus 2019. 

    Selain dalam rangka terapi daya ingat pasien di yayasan tersebut juga sengaja mengikut upacara agar dapat bertatap muka dan bergaul bersama warga setempat. Supaya nantinya, kata Suhar, mereka dapat menempatkan diri di tengah masyarakat. 

    “Kami sengaja menyosialisasikan dengan pembinaan terapi terapi secara langsung bertatap muka dan bergaul serta bersosialisasi dengan masyarakat khususnya masyarakat Mustikasari agar mereka merasakan mereka memiliki hak yang sama,” ungkapnya.

    Tak hanya upacara, pasien ODGJ juga mengikuti sejumlah lomba di Yayasan Jamrud Biru. Mereka antusias mengikuti acara seperti lomba balap karung,  panjat pinang hingga menari menggunakan balon. “Lomba ini juga untukmenghibur ODGJ agar mereka merasa adanya kebahagiaan dan kemerdekaan. Bahawasannya mereka juga merasa adanya kebahagiaan dan kemerdakaan,” ujarnya.

    Berdasarkan pantauan Medcom.id, para pasien ODGJ mengikuti lomba dengan tertib. Mereka juga dibimbing oleh sejumlah pengurus di yayasan tersebut.




    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id