Warga DIY Dihantui Banjir

    Patricia Vicka - 06 Januari 2020 20:30 WIB
    Warga DIY Dihantui Banjir
    Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto (baju putih) saat kunker di Sungai Buntung di Kelurahan Bumijo, Jetis, DIY, Senin, 6 Januari 2020. Medcom.id/ Patricia Vicka
    Yogyakarta: Ribuan warga di sekitar aliran sungai di DIY terancam terdampak banjir pada musim hujan. Pasalnya tanggul sungai penahan banjir retak dan tergerus aliran air.

    Wakil Ketua Komisi A DPRD DIY, Suwardi, mengatakan temuan potensi ini ia dapatkan saat kunjungan kerja Komisi A ke di Dusun Klisat Pundong, Kabupaten Bantul dan kelurahan Bumijo, Jetis Kota Yogyakarta.

    "Saat kami ke Kislat, kami lihat tanggulnya sudah retak bahkan tergerus sepanjang 800 meter. Lebar gerusannya 3 meteran. Padahal tanggul itu yang membentengi dusun tersebut dari aliran sungai Oya dan Opak saat ini," kata Suwardi di DPRD DIY, Senin, 6 Januari 2019.

    Suwardi menjelaskan tanggul tersebut rusak akibat terdampak luapan sungai karena badai siklon Cempaka 2017 silam. Ada sekitar 200 KK (Kepala Keluarga) atau sekitar 1.000 jiwa yang bermukim disekitar sungai tersebut. Mereka terancam kena banjir jika hujan lebat turun. Warga pun kini mulai panik dan cemas dengan kondisi ini.

    "Mereka saat ini cukup stres dengan ini Karena mereka masih trauma dengan bencana Cempaka tiga tahun lalu," jelas Suwardi.

    Sementara itu Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan kerusakan juga terjadi di tanggul Sungai Buntung di Kelurahan Bumijo, Jetis Kota Yogyakarta. Tanggul rusak akibat ada longsoran di bawah tanggul dan jembatan. Ia juga melihat sampah memenuhi hampir seluruh permukaan sungai sehinggga air sungai hampir tidak nampak.

    Pihaknya mendorong Pemda dan Pemkot untuk segera memperbaiki kerusakan tanggul. "Hal ini dapat mengancam keselamatan warga.Karena sekarang sedang rawan bencana banjir dan longsor. Walikota dan Pemda DIY harus segera turun tangan memperbaikinya. Sampah perlu segera diangkut," kata Eko.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id