Warga Tangerang Gotong Jenazah Keponakannya dari Puskesmas

    Hendrik Simorangkir - 26 Agustus 2019 12:10 WIB
    Warga Tangerang Gotong Jenazah Keponakannya dari Puskesmas
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Tangerang: Seorang warga Kampung Kelapa, Kelurahan Kelapa Indah, Kota Tangerang, terpaksa menggotong jenazah keponakannya Muhamad Husen, 8, dari Puskesmas Cikokol ke rumah duka. Jenazah Husen terpaksa digotong lantaran ambulans yang berada di Puskesmas Cikokol tidak bisa dipakai untuk membawa jenazah.

    Husen sebelumnya diduga tewas setelah tenggelam di Sungai Cisadane kawasan Cikokol.

    "Di dalam mobil ambulans banyak alat medis yang harus dalam kondisi steril. Kalau digunakan untuk jenazah, khawatir akan berdampak pada pasien yang nantinya menggunakan ambulans tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Tangerang Liza Puspadewi saat dikonfirmasi, Senin, 26 Agustus 2019.

    Liza menjelaskan Pemkot Tangerang sudah mempunyai pelayanan mobil jenazah gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat (aplikasi 112). Menurut Liza ambulans hanya bisa digunakan bagi pasien dalam kondisi gawat darurat yang.

    Liza juga mengimbau agar masyarakat dapat memilah fasilitas yang telah dimiliki oleh pemkot sesuai dengan kebutuhannya. "Selain ambulans, Pemkot juga telah menyediakan fasilitas mobil jenazah melalui panggilan darurat 112," jelas Liza.

    Sebelumnya Muhamad Husen, 8, tenggelam di Sungai Cisadane. Bocah malang itu kemudian ditolong dan dibawa oleh warga ke Puskesmas Cikokol guna mendapatkan pertolongan medis. 

    Namun nyawa Husen itu tak tertolong sesampainya di Puskesmas Cikokol. Petugas puskesmas menyatakan Husen telah meninggal akibat terlalu banyak menelan air. 

    Paman Husen yang datang ke puskesmas berusaha mengikhlaskan kepergian keponakannya. Dia pun meminta jenazah Husen diantar ke rumah dengan menggunakan mobil ambulans. Namun permintaan itu ditolak mentah-mentah oleh petugas.

    Alasannya mobil ambulan puskesmas hanya untuk mengangkut pasien sakit. "Ini sudah menjadi SOP dari Dinas Kesehatan. Ambulan puskesmas hanya untuk mengangkut pasien," kata petugas Puskesmas Cikokol Suryadi.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id