Balai Wyata Guna Bantah Usir Peserta Didik Difabel

    Roni Kurniawan - 15 Januari 2020 13:09 WIB
    Balai Wyata Guna Bantah Usir Peserta Didik Difabel
    Kantor Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Wyata Guna Bandung. (Foto: Medcom.id/Roni K)
    Bandung: Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Wyata Guna Bandung, Jawa Barat, membantah telah mengusir puluhan peserta didik penyandang disabilitas yang selama ini menempati asrama. 

    Perubahan panti menjadi balai sejak Januari 2019 telah disosialisasikan dengan penghuni asrama dan keluarga. Sehingga, tudingan pengusiran dinilai merupakan kesalahpahaman.

    "Kami sudah sosialisasi termasuk memanggil pihak keluarga untuk menyampaikan aturan (baru) tersebut. Jadi tidak benar kalau kami mengusir mereka," ujar Kepala Balai Wyata Guna Sudarsono, di Kota Bandung, Rabu, 15 Januari 2020.

    Sudarsono mengatakan, pihaknya siap membantu para difabel untuk berkemas dan mengantar pulang ke keluarga masing-masing. Namun para difabel menolak bantuan kendati masa tinggal di asrama telah berakhir pada 9 Januari 2020.

    "Kemarin siang sudah beres semuanya, tapi malam saya dapat laporan bahwa mereka balik lagi dan bertahan di depan," bebernya.

    Ia mengaku tidak bisa berbuat banyak atas aksi yang dilakukan para penyandang disabilitas. Pasalnya, Balai Wyata Guna hanya melaksanakan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial terkait perubahan dan fungsi dari panti ke balai 

    "Dari konteks layanan kami sudah sosialisasikan itu, selama enam bulan, ini sesuai peraturan, sehhingga kami menjalankan itu," jelasnya.

    Sudarsono menambahkan peserta didik di balai pada 2019 berjumlag 175 orang. Sebagian besar sudah kembali kepada pihak keluarga dan melanjutkan aktivitas setelah mendapatkan pendidikan dan pelatihan.

    "Layanan di sini ada penerima manfaat baru, karena masih banyak yang di luar sana ingin mendapatkan pelayanan," tegasnya.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id