Wisata Boonpring Malang Contoh BUMDes Produktif

    Daviq Umar Al Faruq - 29 Desember 2019 10:41 WIB
    Wisata Boonpring Malang Contoh BUMDes Produktif
    Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar. (Foto: Dok/Pemkab Malang)
    Malang: Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar, menilai, ekowisata Boonpring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, merupakan salah satu hasil Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) paling produktif di Indonesia. Boonpring bahkan menjadi kawasan wisata prioritas Presiden Joko Widodo.

    "Saya verifikasi sendiri dengan datang ke ekowisata Boonpring. Di sini juga hebat, punya 72 spesies bambu. Ini bisa mengalahkan Tiongkok. Tentu kekayaan dan potensi yang luar biasa," katanya, Sabtu, 28 Desember 2019.

    Abdul Halim mengatakan kawasan wisata ini akan dijadikan sebagai percontohan untuk direplikasi oleh BUMDes lain. Pengelolaannya pun tidak akan menghilangkan unsur kearifan lokal.

    "Bahkan, sudah ada pusat studi bambu. Jadi layak sekali kalau didatangi mahasiswa pertukaran pelajar dari luar negeri dan provinsi lain," tambahnya.

    Di sisi lain, menurut Abdul Halim, ekowisata Boonpring tengah diproyeksikan sebagai proyek percontohan salah satu program Kementerian PDTT. Desa Sanankerto, kata dia, sudah mandiri dan boleh jadi tidak lagi butuh bantuan dari pemerintah.

    "BUMDes yang seperti ini memang harus terus didukung. Karena prinsipnya, barang yang sudah bagus, harus terus didukung agar semakin bagus. Yang belum bagus, diupayakan terus berkembang agar menjadi bagus," jelasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id