Selesai Uji Coba, Jembatan Comal Segera Dibuka

    Akhmad Safuan - 02 Oktober 2014 13:10 WIB
    Selesai Uji Coba, Jembatan Comal Segera Dibuka
    Pekerja sedang melakukan penyelesaian akhir perbaikan Jembatan Comal. (Foto: Antara/Oky Lukmansyah)
    medcom.id, Pemalang: Jembatan Comal di jalur Pantura Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, sisi selatan mulai diujicoba. Direncanakan, Sabtu (4/10/2014) akan dibuka setelah sekitar 3 bulan ditutup akibat mengalami ambles.

    Pemantauan Media Indonesia di Pantura, Kamis (2/10/2014), lalulintas di sekitar Jembatan Comal masih padat merayap. Kendaraan dari arah barat (Jakarta) maupun timur (Semarang) harus antre untuk melintasi satu jembatan darurat sisi utara.
    Meskipun mendekati penyesaian pada jembatan sisi selatan dan akan dibuka Sabtu (4/10), namun belum rampung 100% dan masih terus dilakukan ujicoba untuk mengetahui kekuatan jembatan sebelum dibuka secara permanen, menggantikan jembatan sisi utara yang mendapat giliran dilakukan perbaikan.

    Dalam uji coba yang dilaksanakan Rabu (1/10), di mana jembatan dilalui 10 kendaraan dengan berat total 20 ton, jembatan sisi selatan yang memasuki pekerjaan finising yakni pengecatan rangka jembatan, pembangunan trotoar, dan pemasangan kapolding sempat mengalami penurunan 2 milimeter.

    "Penurunannya dua milimeter itu masih dalam kategori wajar, namun kami belum berani memutuskan jembatan untuk dioperasionalkan, karena masih menunggu uji coba dari pusat," kata Surevaiyer Proyek Jembatan Comal Syeh Khaerudin.

    Kepala Satuan Kerja Wilayah I Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Sumarjono mengatakan setelah melalui serangkaian uji coba Jembatan Comal akan dibuka Sabtu (4/10) atau lebih awal dari rencana Rabu (8/10). Namun kendaraan yang melintas untuk sementara waktu tetap seperti aturan yang berlaku muatan sumbu terberat 10 ton.

    "Selama ini banyak truk dengan jumlah berat yang diizinkan hanya 45 ton, tapi kenyataannya mengangkut muatan hingga 70 ton," kata Sumarjono.

    Pengaspalan Jembatan Comal sisi selatan, demikian Sumarjono, telah rampung hingga tinggal menyisakan pekerjaan finising, sehingga optimistis dalam dua hari terakhir jembatan sudah dapat dibuka. Sedangkan mengenai ketahanan jembatan jika kendaraan melintas mengikuti aturan maka jembatan akan bertahan hingga 10 tahun. (Akhmad Safuan)



    (ADF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id