Belasan Pengungsi Longsor Nganjuk Reaktif Covid-19

    Antara - 16 Februari 2021 17:00 WIB
    Belasan Pengungsi Longsor Nganjuk Reaktif Covid-19
    Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi pengungsian Gedung SD Negeri 3 Ngetos, Nganjuk, Jawa Timur, Selasa, 16 Februari 2021. ANTARA/Fiqih Arfani
    Nganjuk: Belasan pengungsi bencana longsor di Desa Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, reaktif setelah dilakukan rapid tes covid-19. Saat ini para pengungsi yang reaktif telah ditempatkan di lokasi berbeda.

    "Mereka ditempatkan di lokasi terpisah. Kami terus pantau kesehatannya," kata Kepala Puskesmas Ngetos Budi Santoso di Nganjuk, Selasa, 16 Februari 2021.

    Ada sebanyak 14 orang yang dinyatakan reaktif saat pemeriksaan kesehatan oleh petugas. Rapid tes dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, pada Senin, 15 Februari 2021. Rapid tes kembali dilakukan pada Selasa untuk seluruh pengungsi dan masih menunggu hasilnya.

    Untuk memastikan kondisi pengungsi yang reaktif, petugas kesehatan telah melakukan pemeriksaan lanjutan dengan swab. Hasil pemeriksaan baru bisa diketahui dalam beberapa hari ke depan.

    Baca: Bupati Nganjuk Ingatkan Waspada Cuaca Selama Pencarian Korban Longsor

    "Mungkin besok sudah ada hasilnya," terangnya.

    Pemkab Nganjuk membuat beberapa titik lokasi pengungsian, yakni sekolah dasar yang dekat dengan kantor kecamatan, tenda, dapur umum. Selain itu, ada juga yang ditempatkan di rumah kepala desa.

    Sedangkan warga yang dinyatakan reaktif sudah ditempatkan di lokasi yang berbeda. Petugas medis juga meminta pengungsi untuk mematuhi protokol kesehatan.

    Terdapat kurang lebih 156 pengungsi yang tinggal di beberapa lokasi pengungsian tersebut. Rumah mereka rusak terdampak tanah longsor pada Minggu, 14 Februari 2021. Sementara itu, proses pencarian para korban terus dilanjutkan. Total awal warga yang dilaporkan hilang adalah 21 orang.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id