Polda Jatim Tunggu Juknis Larangan Penyidikan di Tingkat Polsek

    Amaluddin - 31 Maret 2021 19:35 WIB
    Polda Jatim Tunggu Juknis Larangan Penyidikan di Tingkat Polsek
    ilustrasi Medcom.id



    Surabaya: Polda Jawa Timur menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Mabes Polri terkait larangan polsek melakukan penyidikan.

    Hal itu tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan, dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu.






    "Kami sudah mendapat salinan keputusan itu. Tapi kita masih menunggu teknisnya dari Mabes Polri," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko, di Surabaya, Rabu, 31 Maret 2021.

    Baca: Satu Terduga Teroris Kembali Ditangkap di Makassar

    Gatot menjelaskan dalam keputusan kapolri itu polsek tidak boleh melakukan penyidikan dalam hal kewenangan dan pelaksanaan tugasnya memedomani Surat Kapolri Nomor: B/1092/II/REN.1.3./2021 tanggal 17 Februari 2021. Perihal surat itu adalah direktif Kapolri tentang kewenangan polsek tertentu.

    Keputusan itu juga berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2017, tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    Dalam kebijakan Kapolri itu, kata Gatot, Kapolri memperhatikan soal program prioritas Comamnder Wish pada 28 Januari 2021 lalu. Sehingga diputuskan ada 1.062 polsek di Indonesia yang dilarang melakukan penyidikan.

    Dari 1.062 polsek di Indonesia itu, termasuk ada 209 Polsek dari 30 Polres di Jatim. Namun ada sejumlah Polres yang seluruh polseknya masih bisa melakukan penyidikan, seperti Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Kemudian Polresta Malang Kota, Polres Blitar Kota, Polres Jember, hingga Polresta Banyuwangi.

    Prinsipnya, kata Gatot, Polda Jatim siap menerapkan kebijakan itu di wilayah kerjanya. "Polda Jatim siap menerapkan kebijakan ini sesuai instruksi dari Mabes Polri. Tapi kami saat ini masih menunggu juknisnya," ujar Gatot.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id