Posko Pengawasan WNA dan WNI di Bandara Soetta Dioperasikan

    Hendrik Simorangkir - 01 Mei 2021 18:11 WIB
    Posko Pengawasan WNA dan WNI di Bandara Soetta Dioperasikan
    Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Medcom.id/ Hendrik Simorangkir)



    Tangerang: Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, mengoperasikan posko pengendalian dan pengawasan repatriasi dan kedatangan warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri. Posko tersebut khusus untuk memantau 24 jam kedatangan penumpang dari luar negeri.

    "Kami berharap posko ini dapat memastikan prosedur kedatangan penumpang dari luar negeri dijalankan dengan baik," ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, Sabtu, 1 Mei 2021.






    Agus menuturkan, melalui prosedur baru itu  diharapkan pemenuhan protokol kesehatan khususnya bagi penumpang yang datang dari luar negeri dapat semakin baik. Penumpang dari luar negeri harus memenuhi protokol kesehatan.

    Baca: Kadis Pariwisata DKI Diperiksa Terkait Kasus Mafia Karantina Bandara Soetta

    "Seperti menunjukkan surat hasil tes covid-19 dan melakukan karantina sesuai dengan Surat Edaran Nomor 8 tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi covid-19 dan Nomor 9 tahun 2021 tentang Tempat Karantina, Isolasi dan Kewajiban RT-PCR Bagi WNI Pelaku Perjalanan Internasional," jelasnya.

    Adapun mulai 25 April 2021, para pelaku perjalanan dari India dilarang masuk ke Indonesia. Bagi WNI yang pernah tinggal atau mengunjungi India dalam 14 hari sebelumnya, diperbolehkan masuk ke Indonesia dengan protokol kesehatan ketat salah satunya dilakukan karantina selama 14 hari.

    Baca: Satgas: Pemalsu Alat Tes dan Mafia Karantina Harus Ditindak

    Sementara, Satgas Udara Penanganan covid-19 dan Angkasa Pura II (Persero) bersama stakeholder terkait lainnya menetapkan prosedur baru untuk kedatangan penumpang dari luar negeri di Bandara Soekarno-Hatta. Prosedur ini terdapat sembilan cek poin untuk dilalui penumpang internasional dalam memproses kedatangan.

    Komandan Satgas Udara Penanganan covid-19 Kolonel Tek Sunu Eko P mengatakan, prosedur baru untuk memperketat penerapan protokol kesehatan termasuk proses menuju lokasi karantina.

    "Kami memohon dukungan masyarakat, dan berterima kasih kepada penumpang yang telah menjalankan prosedur ini dengan baik," kata Eko.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id