BPBD NTT Kirim Ribuan Masker untuk Pengungsi Gunung Ile Lewotolok

    Media Indonesia.com - 29 November 2020 13:34 WIB
    BPBD NTT Kirim Ribuan Masker untuk Pengungsi Gunung Ile Lewotolok
    Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT. (Foto: MI/Alexander P Taum)
    Lembata: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan ribuan masker untuk dikirim kepada pengungsi Gunung Ile Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata. 

    Gunung dengan ketinggian 1.423 meter di atas perrmukaan laut itu meletus pada Minggu, 29 November 2020, pukul 09.45 Wita. Kolom abu vulkanik dimuntahkan hingga ketinggian 4.000 meter dari bibir kawah mengarah ke bagian barat dan timur gunung. 

    Pos Pengamatan Ile Lewotolok melaporkan erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi lebih kurang 10 menit.

    "Masker sedang disiapkan di kantor, saat ini tim reaksi cepat dari BPBD Lembata mengevakuasi warga yang terdampak letusan gunung," kata Kepala BPBD NTT Thomas Bangke.

    Baca juga: Gunung Ili Lewotolok NTT Erupsi

    Menurut Thomas, masyarakat yang dievakuasi berada dalam radius antara 2-10 kilometer dari gunung. Namun, jumlah pasti pengungsi belum diketahui. Banyak warga memilih lari meninggalkan rumah mereka ke lokasi yang lebih aman. Pengungsi berasal dari desa-desa yang berada di sisi selatan gunung. 

    "Kami khawatir arah erupsi bergeser ke kanan gunung, kalau mengarah ke arah barat tidak apa-apa karena tidak ada penduduk," tambahnya. 

    Ia mengatakan masker paling utama disiapkan untuk mencegah infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) akibat debu vulkanik. Selain itu, kiriman masker juga mencegah penyebaran virus korona.

    Dia minta dalam proses evakuasi, petugas juga memperhatikan protokol covid-19. Thomas menambahkan pekan lalu saat gunung tersebut erupsi, BPBD NTT sudah mengirim bantuan masker untuk persiapan sebanyak 2.000 lembar.

    "Masker yang dikirim itu dipakai dulu sambil menunggu kiriman tambahan dari Kupang," jelasnya. (Palce Amalo)


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id