Pandemi Covid-19 di Balik Lensa Kamera

    Rhobi Shani - 07 April 2021 12:11 WIB
    Pandemi Covid-19 di Balik Lensa Kamera
    Staf humas RSUD Kartini Jepara, Kanal Budiarto. (Foto: Rhobi)



    Jepara: Setiap hari Kanal Budiarto tak pernah jauh dari kamera foto. Tiap sudut rumah sakit umum daerah (RSUD) Kartini Jepara, Jawa Tengah, dia abadikan. Begitu juga tiap peristiwa yang terjadi di rumah sakit pelat merah itu.

    Kanal mulai ditugaskan di bidang hubungan masyarakat (humas) RSUD Kartini pada 2019. Sebelumnya, sejak 2007 dia ditempatkan bagian teknisi pendingin ruangan.






    “Baru setahun di humas, terus ada pandemi covid-19. Awal-awal pandemi memotret persiapan ruang isolasi pasien covid-19. Waktu itu belum ada pasien covid yang dirawat,” ujar Kanal, ditemui di RSUD Kartini, Rabu, 7 April 2021.

    Baca juga: Forkopimda-FKUB Bogor Komitmen Memerangi Terorisme

    Sebelum ditemukan kasus positif covid-19 di Kota Ukir, Kanal mengaku masih nyaman memotret di lingkungan rumah sakit. Tak ada rasa was-was yang menghantui. Namun, kondisi itu berubah setelah RSUD merawat pasien covid-19 dan seorang tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Kartini terkonfirmasi positif covid-19.

    “Kalau mau motret (di ruang isolasi) harus pakai APD (alat pelindung diri) lengkap. Kamera juga harus dibungkus, jadi memilih memotret dari jauh,” kata Kanal, yang juga seorang Slanker.

    Sepanjang pandemi covid-19 pada 2020, momentum yang hingga kini masih melekat di ingatan Kanal, yaitu tes usap massal dan rapid tes bagi seluruh karyawan RSUD Kartini. Tes digelar setelah sejumlah nakes terkonfirmasi positif covid-19 dan beberapa nakes meninggal akibat virus itu.

    “Waktu swab massal saya motret, setelah itu saya harus isolasi karena hasil rapid saya reaktif. Dua minggu saya isolasi di rumah dinas dokter, sampai ada upacara pemberangkatan jenazah nakes yang meninggal karena covid saya tidak bisa memotret karena masih isolasi,” ujar dia.
     

    Halaman Selanjutnya
    Fan band Slank sejak bangku…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id