Risma Berharap Generasi Muda Pahami Perjuangan Sukarno untuk Indonesia

    P Aditya Prakasa - 02 Juni 2021 14:32 WIB
    Risma Berharap Generasi Muda Pahami Perjuangan Sukarno untuk Indonesia
    Ketua DPP Bidang Kebudayaan PDI Perjuangan, Tri Rismaharani bersama pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Barat



    Bandung: Ketua DPP Bidang Kebudayaan PDI Perjuangan, Tri Rismaharani atau yang akrab disapa Risma, berharap generasi muda bisa memahami perjuangan yang dilakukan Sukarno untuk memerdekakan bangsa ini. Dia juga ingin para pemuda tak mudah patah semangat dan terus berjuang demi Tanah Air.

    Hal itu dikatakannya usai mengunjungi situs bekas Penjara Sukarno di Jalan Banceuy, Kota Bandung, Rabu, 2 Juni 2021, dalam rangka bulan Bung Karno. Risma mengatakan, penjara tersebut menjadi salah satu tempat perjuangan Bung Karno.

     



    "Di sini kita bisa meniti jejak, napak tilas perjuangannya (Soekarno). Banyak anak muda belum tahu,  dan ini penting untuk pembelajaran," kata Risma.

    Baca: Semburan Lumpur di Cirebon Sebabkan Hewan Mati

    Dia mengatakan, banyak pelajaran dari Soekarno yang patut diteladani. Salah satunya kegigihannya untuk membuat konsep Kemerdekaan Indonesia meski terkekang di dalam penjara.

    "Dari sini kita banyak belajar, siapapun bisa mengekang kita, tapi pemikiran maju beliau tidak lepaskan. Pelajaran luar biasa bagi  kita. Jadi jalan menuju keberhasilan dan kesuksesan memang jalan berat untuk menuju itu, tapi kita tidak boleh putus asa. Ini beliau ajarkan di sini," katanya.

    Didampingi sejumlah pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Barat dan DPC PDI Perjuangan Kota Bandung, Risma mendapatkan sejumlah masukan untuk tetap melestarikan situs-situs Sukarno. Dia berharap situs-situs Soekarno bisa terus dirawat dan dijaga agar generasi muda ke depan tidak melupakan sejarah bangsa Indonesia.

    "Tadi ada ide-ide supaya lebih welcome, memang kalau di luar ini kan tidak bisa disentuh. Supaya anak-anak muda tertarik datang ke sini jadi yang bisa diubah saya berharap nanti untuk penjara di Banceuy dijadikan taman monumental sehingga masyarakat terutama anak-anak kita mengetahui kondisi saat itu," kata Risma.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id