Hunian Hotel di Sulsel Naik 35% Sejak PPKM Level Dua

    Muhammad Syawaluddin - 27 Oktober 2021 14:01 WIB
    Hunian Hotel di Sulsel Naik 35% Sejak PPKM Level Dua
    ilustrasi Medcom.id



    Makassar: Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Makassar (PPKM) Level dua membawa angin segar bagi dunia usaha. Salah satunya adalah bisnis perhotelan dengan naiknya tingkat hunian hingga 35%.

    Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan, Anggiat Sinaga, mengatakan melandainya kasus virus korona di Sulawesi Selatan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor perhotelan dan restoran.

     



    "Pergerakan tingkat huni saat ini bergerak di angka 30-35% dari yang sebelumnya hanya sekitar 25-28% " kata Anggiat saat dikonfirmasi, Rabu, 27 Oktober 2021.

    Baca: Oknum Polisi Penembak Sesama Polisi Akan Dipecat

    Dia mengatakan dengan naiknya tingkat hunian hotel hingga 35% tersebut, pihak hotel telah menarik kembali paran karyawan yang sebelumnya digunakan dengan harapan. Kondisi bisnis perhotelan bisa terus membaik.

    "Kita syukuri bahwa seiring covid-19 yang semakin terkendali dan ini dibuktikan dengan Makassar sudah masuk level 2 memberi angin segar," jelasnya.

    Namun menurut dia aturan terkait kewajiban bagi para pengunjung untuk melakukan PCR yang dikeluarkan oleh pemerintah dinilai sangat mempengaruhi pertumbuhan bisnis perhotelan. Pasalnya kunjungan wisata keluarga atau family visit jalan di tempat lantaran adanya biaya tambahan.

    "Sekarang wajib PCR membuat orang berpikir untuk lakukan kegiatan-kegiatan kunjungan dengan hitungan biaya PCR menjadi beban," bebernya.

    Olehnya itu, Anggiat berharap kebijakan pemerintah yang mewajibkan PCR, sebaiknya menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal ini sebagai subsidi dalam rangka untuk menstimulasi pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor perhotelan dan restoran.

    "Boleh saja wajib PCR tapi PCR yang menjadi alat kontrol pemerintah hendaknya menjadi beban pemerintah jangan dibebankan ke masyarakat," ujarnya.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id