comscore

Kebun Binatang Surabaya Siap Dibuka Besok

Antara - 02 Oktober 2021 20:01 WIB
Kebun Binatang Surabaya Siap Dibuka Besok
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memberikan makan jerapah di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Sabtu (2/10/2021) usai memantua kesiapan prokes menjelasn KBS buka pada Minggu (3/10/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)
Surabaya: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS) di Jalan Setail Nomor 1, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, siap dibuka untuk umum mulai Minggu, 3 Oktober 2021.

"Insyaallah ini sudah siap semuanya dan nanti tidak ada kesempatan untuk sentuhah karena semuanya pakai aplikasi dan juga apkai PeduliLindungi. Selama ini sudah banyak yang menunggu KBS dibuka dan yang mau gowes ke KBS juga sudah antre," kata Wali Kota Eri, seusai keliling di dalam KBS, Sabtu, 2 Oktober 2021.

 



Wali Kota Eri meninjau dan mengecek langsung kesiapan protokol kesehatan di KBS mulai dari pintu masuk KBS hingga berkeliling di dalam KBS. Bahkan, saat itu ia juga sempat memberi makan jerapah hingga memberi makan komodo.

Eri memastikan bahwa setelah ada Surat Edaran (SE) Kemenparekraf Nomor SE/19/IL.04.00/DII/2021 Tentang Uji Coba Pembukaan Usaha Pariwisata Taman Rekreasi di Daerah, pihaknya langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak, sehingga KBS diasesmen oleh Satgas Covid-19 Surabaya beserta dari kementerian dan BKSDA.

Baca juga: 
Ganjil Genap Puncak Bogor Masih Berlanjut

Meski sudah dibuka, lanjut dia, pengunjung dibatasi 25 persen saja. Ia mengaku sudah meminta Satgas Covid-19 di KBS untuk selalu berputar menggunakan sepeda mengingatkan protokol kesehatan para pengunjung, seperti kalau ada yang melepas masker dan berkerumun.

"Jadi, tugasnya satgas itu tidak boleh berhenti keliling, melainkan berputar terus untuk mengingatkan para pengunjung, sehingga ketika KBS ini sudah dibuka, diharapkan tidak ada klaster KBS. Semoga tidak ada," ungkap dia.

Eri juga memastikan pengunjung yang diperbolehkan masuk ke KBS harus sudah divaksin. Hal itu akan dipastikan melalui aplikasi Pedulilindungi.

"Bagi yang belum vaksin, nanti pemkot juga akan menyiapkan vaksin di KBS sekitar 1.000 dosis, baik KTP Surabaya maupun luar Surabaya, boleh vaksin di situ," ujarnya.

Ia menambahkan pembukaan KBS akan membantu memulihkan perekonomian di Kota Surabaya. Apalagi, di dalam KBS banyak UMKM, sehingga perekonomian bisa bergerak kembali.
 
 

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) Chairul Anwar memastikan akan mengerahkan 85 satgas mandiri untuk berkeliling mengingatkan protokol kesehatan para pengunjung.

"Mereka sudah dibagi per zona yang biasanya menimbulkan kerumunan, seperti di pintu masuk, pertigaan, area zona satwa favorit dan zona lainnya. Di zona-zona itu kita tempatkan satgas," kata Chairul.

Ia juga memastikan bahwa besok KBS akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan kapasitas 25 persen atau sekitar 2.000 pengunjung. Sedangkan bagi yang gowes dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Baca juga: 
Sekolah di Padang Mulai Tatap Muka pada 4 Oktober

"Kami juga sudah menyiapkan semua prokesnya mulai masuk hingga keluar KBS, semuanya sudah sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam SE kementerian," terang dia.

Chairul juga menjelaskan semua satwa di KBS sudah dicek kesehatannya secara periodik. Bahkan, hampir setiap hari dokter hewan KBS melakukan evaluasi di masing-masing zona satwa, sehingga dia memastikan bahwa satwa KBS dalam kondisi sehat.

"Tapi memang dalam pembukaan kali ini, ada beberapa area yang belum bisa kami buka, seperti aquarium dan beberapa tempat lainnya," jelasnya.

(MEL)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id