comscore

39.661 Warga Jepara Dicoret dari Program JKN

Rhobi Shani - 08 November 2021 15:15 WIB
39.661 Warga Jepara Dicoret dari Program JKN
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Iggoy El Fitra)
Jepara: Sebanyak 39.661 warga miskin di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tidak lagi mendapat pelayanan kesehatan gratis. Kementerian Sosial mengnonaktifkan keikutsertaan puluhan warga tersebut dalam Program Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).  

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Jepara, Edy Marwoto, mengatakan penonaktifan kepesertaan didasarkan Keputusan Mentri Sosial RI Nomor 92/HUK/2021, tentang Penetapan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Tahun 2021. Keputusan tersebut berlaku mulai 15 September 2021.

 



“Total peserta yang dinonaktifkan ada 39.661. Tugas kami yaitu memverifikasi ulang data tersebut,” kata Edy, Senin, 8 November 2021.

Dinsospermades melakukan verifikasi dan validasi sejak dua bulan terakhir. Verifikasi dan validasi dilakukan untuk menghapus atau mengusulkan kembali peserta yang sudah dinonaktifkan.

Baca juga: APBD Perubahan Kabupaten Bekasi Ditolak, DPRD Sebut Gegara Eksekutif Telat

“Kalau orangnya masih hidup dan memenuhi syarat bisa kami usulkan lagi jadi peserta. Tapi kalau sudah meninggal atau pindah domisili dan tidak memenuhi syarat, tentu akan dihapus,” kata Edy.

Bila warga yang dinonaktifkan dari peserta PBI JKN masih membutuhkan layanan kesehatan bisa dilakukan verifikasi dan validasi singkat. Dinsospermades dapat memberikan rekomendasi kepada BPJS untuk mengaktifkan kembali kepesertaan warga.

“Yang bisa diverifikasi dan validasi singkat itu yang penonaktifannya berdasarkan SK (surat keputusan) Kemensos. Prosesnya tidak lama hanya sekitar satu jam atau maksimal 1 kali 24 jam,” kata Edy.

Saat pelaksanaan verifikasi dan validasi singkat, peserta wajib menyerahkan fotokopi KTP, KK, Kartu JKN dan foto kondisi rumah. Persyaratan itu akan diselaraskan dengan data lama untuk diaktifkan lebih cepat.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id