6.000 Detonator Disita dari Penumpang Pelabuhan Parepare

    Antara - 21 September 2019 12:56 WIB
    6.000 Detonator Disita dari Penumpang Pelabuhan Parepare
    Detonator yang disita Maporles Parepare. Foto: MI/Lina Herlina
    Makassar: Kepolisian Resort (Polres) Kota Parepare menangkap tiga orang diduga penyelundup enam ribu detonator, di Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat, 20 September 2019. Ribuan detonator yang dibawa dari Nunukan, Kalimantan Utara, kini disita petugas.

    "Tiga orang penumpang di duga pembawa detonator yang isinya kurang lebih enam ribu buah saat tiba di pelabuhan setempat," kata  Kapolresta Parepare, AKBP Pria Budi di Mapolres Parepare, melansir Antara, Sabtu, 21 September 2019.

    Pria menerangkan enam ribu detonator disembunyikan dalam enam karung berbeda. Kemudian dibungkus dengan kotak susu bubuk untuk mengelabuhi petugas. 

    "Kalau diperiksa sekilas pasti lolos tapi kalau teliti, pasti ketahuan," ucapnya.

    Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani menegaskan penyidik Polres Parepare masih menyelidiki temuan ribuan detonator tersebut. Pihaknya masih mendalami tujuan penyelundupan enam ribu detonator di Pelabuhan Nusantara Parepare. 

    "Untuk sementara ini ketiga pemilik barang itu sedang diamankan oleh anggota untuk dilakukan penyelidikan dan interogasi," kata Dicky. 

    Pelaku yakni AM, 39, warga Desa Boya Baliase, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah; warga Kabupaten Bone, Sulsel, yakni AM, 59 dan NA, 57, warga Desa Kampoti Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, masih diperiksa petugas. Pelaku terancam UU Daurat Nomor 12 tahun 1951, dengan ancaman hukuman minimal 20 tahun dan maksimal seumur hidup dan hukuman mati. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id