Puting Beliung tak Merusak Gegerkan Warga Bogor

    Rizky Dewantara - 05 Agustus 2019 18:18 WIB
    Puting Beliung tak Merusak Gegerkan Warga Bogor
    Angin puting beliung yang terjadi di Lapangan Kebonjati, Desa Sirnagalih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 5 Agustus 2019. Istimewa
    Bogor: Angin puting beliung yang terjadi di Lapangan Kebonjati, Desa Sirnagalih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 5 Agustus 2019 menggegerkan warga. Namun, puting beliung tersebut merusak.

    Viral di media sosial, angin puting beliung yang terjadi di lapangan tersebut berdurasi satu menit. Puting beliung tidak merusak bangunan sekitar atau melukai masyarakat.

    Kapolsek Tamansari Iptu Nurhidayat menyebut peristiwa terjadi sekitar pukul 14:00 WIB. "Karena angin berlangsung selama satu menit itu hanya berada di dalam lapangan saja," kata dia kepada Medcom.id, Senin, 5 Agustus 2019.

    Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor Hadi Saputra memaparkan, angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, disebut puting beliung kecil.

    Angin terbentuk karena perbedaan tekanan antara lapisan udara akibat perbedaan suhu udara. Karena permukaan udara di bawah lebih panas dari suhu udara di atas sehingga terbentuk arus putaran.

    "Angin ini paling sering muncul di musim pancaroba. Dan seluruh wilayah Bogor berpotensi terjadin angin seperti ini," ungkap Hadi kepada.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id