Kontur Miring Diduga Penyebab Tanah Ambles di Ciputat

    Farhan Dwitama - 27 November 2019 13:24 WIB
    Kontur Miring Diduga Penyebab Tanah Ambles di Ciputat
    Lokasi tanah amblas di Kontrakan wisma Indah, Jalan Kramat, Pondok Ranji Ciputat Timur, Tangerang Selatan. (Foto: Medcom.id/Farhan)
    Tangerang: Peristiwa tanah amblas di rumah kontrakan Wisma Indah Jalan Kramat, Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, diduga karena kondisi tanah labil. 

    Salah satu warga, Sugiyono, mengatakan tanah di lokasi cenderung gembur dengan kontur miring. Sebelum jadi bangunan kontrakan, area tersebut merupakan lahan kosong yang ditanami pohon pisang.

    "Mungkin karena tanahnya gembur. Sebelumnya, ini kebun kosong yang posisi tanahnya miring, terus saya ratakan. Waktu itu saya pekerjanya," kata dia, Rabu, 27 November 2019.

    Selain kontur tanah, Sugiyono menyebut intensitas hujan yang tinggi juga diduga ikut menggerus tanah. Sisa-sisa akar pohon pisang yang tertanam juga menjadikan tanah di sekitar lokasi lebih lembek.

    "Sepertinya karena banyak bonggol pisang yang saya suruh buang, tapi malah dikubur lalu diurug (tanah). Barang kali amblasnya di pas bonggol pisang itu. Ini kan dulunya juga resapan, ada sumur gitu," jelas dia.

    Pascaperistiwa itu, sedikitnya 25 bangunan kontrakan berjajar yang saling berhadapan terkena imbasnya. Are tanah yang amblas merupakan pelataran kontrakan yang kerap dilintasi penghuni kontrakan dan dijadikan tempat parkir sepeda motor.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id