comscore

RSUD Kabupaten Tangerang Disiagakan Sebagai Pusat Rujukan Penderita Hepatitis Akut

Hendrik Simorangkir - 17 Mei 2022 19:15 WIB
RSUD Kabupaten Tangerang Disiagakan Sebagai Pusat Rujukan Penderita Hepatitis Akut
ilustrasi/Medcom.id
Tangerang: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang disiapkan sebagai pusat rujukan penanganan kasus penderita hepatitis akut. RSUD Kabupaten Tangerang ditunjuk lantaran fasilitasnya dinilai lengkap dan mumpuni.

"Kita menyiapkan RSUD Tangerang sebagai rujukan, karena di situ fasilitas sarana dan prasarana sudah lengkap," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Faridz, Selasa, 17 Mei 2022.
Faridz menuturkan dalam penanganan penyakit yang menyerang anak tersebut, pihaknya akan menggunakan fasilitas yang telah ada. Termasuk penggunaan ruangan intensive care unit (ICU) covid-19. 

"Ruang isolasi semua sudah tersedia sebagai standar rumah sakit, kemudian ruangan ICU di sebagian rumah sakit juga sudah tersedia. Jadi, kalau nanti memang ada kasus kita sudah siap melayani," ucap dia.

Faridz menjelaskan penanganan dan pencegahan pada penularan hepatitis akut dilakukan seperti menangani kasus covid-19.

"Fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas hingga rumah sakit juga harus saling berkoordinasi," ucap dia.

Baca: Bayi Suspek Hepatitis Akut di Medan Meninggal

Menurut Faridz, apabila terdapat gejala-gejala yang mencurigakan diduga hepatitis maka dilanjutkan pemeriksaan ke laboratorium di RSUD yang telah ditunjuk.

"Semua fasilitas kesehatan dari tingkat puskesmas sampai rumah sakit sudah siap, termasuk tenaga medis, dokter spesialis sudah melakukan persiapan penanganan kasus ini," jelasnya. 

Faridz menjelaskan sejauh ini Dinkes Kabupaten Tangerang belum menerima laporan kasus hepatitis akut. Namun, di beberapa daerah sudah ditemukan dengan jumlah yang masih relatif sedikit. 

"Harapan kita kasus ini tidak menjadi lonjakan. Tetapi kami atau seluruh rumah sakit di Kabupaten Tangerang dapat ditangani bila ditemukan kasus itu," kata dia.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id